Mengenal Branding: Pengertian, Manfaat dan Tujuan

Meskipun sudah menjadi istilah yang kerap digunakan masih banyak yang bertanya-tanya mengenai apa yang dimaksud dengan branding.

Padahal di dunia bisnis sendiri, branding menjadi salah satu elemen kunci yang tidak bisa diabaikan.

Branding bukan hanya tentang logo dan desain visual semata, tetapi juga mencakup keseluruhan identitas dan persepsi yang dikaitkan dengan bisnis Anda.

Supaya tidak salah dalam mengartikan, yuk simak pembahasan lengkap mengenai pengertian branding, manfaat serta tujuannya dalam artikel ini!

Apa yang Dimaksud dengan Branding?


Mengenal Branding: Pengertian, Manfaat dan Tujuan

Secara umum, branding adalah sebuah proses pembentukan dan pengelolaan identitas unik dari suatu produk, layanan, atau bisnis. Jadi, brand akan mengidentifikasi diri supaya semakin dikenal konsumen dengan baik.

Kegiatan branding ini biasanya mencakup nama, logo, desain visual, nilai-nilai perusahaan, hingga cara komunikasi dengan pelanggan.

Tujuan Branding


Tujuan utama branding adalah menciptakan kesan yang kuat dan positif di benak pelanggan, membedakan bisnis Anda dari pesaing, serta membangun hubungan emosional jangka panjang dengan audiens.

Pentingnya tujuan yang dimiliki oleh kegiatan ini tidak heran membuatnya juga banyak diterapkan hampir seluruh brand terkenal di dunia.

Manfaat Branding Bisnis


Tentunya, ada banyak manfaat branding bisnis yang ditawarkan kepada para pelakunya, diantaranya adalah:

1. Tampil Lebih Unik Di Mata Konsumen


Branding yang kuat membantu dapat membantu bisnis Anda tampil lebih unik dan berbeda dengan para kompetitor serupa.

Jadi, Anda bisa lebih menonjol dengan pesan unik sekaligus penawaran keunggulan bisnis atau produk yang dimiliki.

Ciri khas inilah yang kemudian disebut sebagai brand image. Dimana, brand image adalah persepsi dan citra yang terbentuk di benak pelanggan tentang produk atau jasa yang ditawarkan bisnis Anda.

Hal yang bisa Anda tonjolkan ini mulai dari logo, tagline seperti “brand sepatu lokal terbaik” hingga cara berinteraksi dengan para konsumen.

2. Meningkatkan Citra Bisnis


Branding yang kuat dapat membantu membangun citra positif dan mengesankan tentang bisnis Anda.

Hal ini sangat penting dalam mempengaruhi persepsi pelanggan dan orang lain terhadap merek Anda.

Hebatnya banyak brand lokal indonesia yang telah sadar dengan manfaat ini terutama UMKM sehingga lebih gencar dalam melakukan branding lebih maksimal.

3. Memudahkan Pengenalan Produk


Branding juga sangat bermanfaat sangat mengenalkan bisnis atau produk baru agar lebih mudah dikenali oleh calon pelanggan. Hal ini biasa dikenal dengan sebutan brand awareness.

Brand Awareness sendiri adalah tingkat pengenalan dan kesadaran yang dimiliki oleh pelanggan atau audiens terhadap suatu bisnis.

Indikator ini mengukur sejauh mana konsumen dapat mengenali dan mengingat merek ketika mereka berhadapan dengan sebuah konteks.

Jadi jika Anda dapat tampil unik dan berbeda, maka bisnis Anda akan menjadi yang paling cepat diingat oleh konsumen sehingga membantu mempengaruhi keputusan pembelian mereka di masa depan.

4. Membangun Kepercayaan Konsumen


Sesuai dengan namanya, branding adalah alat untuk mendapatkan ruang di hati para konsumen, maka hal inilah yang akan membangun kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda.

Ketika pelanggan merasa bahwa bisnis Anda dapat diandalkan dan memberikan nilai yang konsisten, mereka akan merasa lebih nyaman melakukan bisnis dengan Anda.
Ingin Branding yang Berkualitas dan Optimal? Stickearn Jawabannya!

Branding memang menjadi hal penting dalam setiap kegiatan bisnis. Namun, branding tidak bisa dilakukan sembarangan.

Sebab perlu strategi yang tepat untuk bisa mempromosikan produk maupun jasa dalam setiap aktivitas branding yang Anda lakukan.

Tapi jangan khawatir, sebab kini telah hadir StickEarn yang menghadirkan layanan branding dalam bentuk Mobile LED Advertising dan Mobile Showcase untuk membantu bisnis Anda dikenal lebih banyak orang!

Jadi tidak ada lagi acara bingung dengan pertanyaan apa yang dimaksud dengan branding dan strategi yang tepat? sebab Stickearn akan membantu Anda mewujudkannya!

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster