Cara Membuat Mangkok dari Tanah Liat

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak luput dengan seni, sering sekali kita tidak menyadari bahwa benda-benda yang ada disekitar kita merupakan suatu karya seni, baik itu karya seni dua dimensi dan karya seni tiga dimensi. 

Karya seni memiliki bentuk yang bermacam-macam, ada yang memiliki nilai pakai dan nilai estetis guna menunjang visual suatu tempat atau yang lainnya.

Karya seni tiga dimensi sering sekali kita jumpai dan bahkan ada disekitar kita, seperti patung dan keramik, karya seni tiga dimensi yang banyak sekali digunakan yaitu kerajinan keramik karena kerajinan tersebut memiliki fungsi yang sangat beragam. 

Keramik dibuat dengan bahan baku yang sederhana yaitu tanah liat, selain mudah dibentuk tanah liat juga sangat mudah didapatkan.

Salah bentuk keramik yang banyak dibuat adalah bentuk mangkok karena memiliki bentuk yang sederhana sehingga tidak sulit untuk membuatnya. Berikut cara membuat mangkok dari tanah liat.

Cara Membuat Mangkok dari Tanah Liat

Bahan dan alat membuat mangkok dari tanah liat


  • Tanah liat
  • Air Secukupnya
  • Meja Putar
  • Cat dan Kuas

Cara pembuatan mangkok


  1. Buat adonan tanah liat dengan cara mencapurkan tanah liat dan air secara perlahan hingga tanah liat memiliki tekstur yang cukup kuat dan mudah dibentuk
  2. Letakkan adonan tanah liat di atas meja putar
  3. Putar meja dan bentuk adonan secara perlahan sampai membentuk mangkok dengan menggunakan jadi dan telapak tangan
  4. Setelah tanah liat sudah membentuk mangkok, rapihkan bentuk adonan tanah liat dengan menggunakan tangan yang telah dibasahi dengan air
  5. Setelah adonan rapih, jemur adonan dibawah sinar matahari hingga adonan mengeras
  6. Bakar mangkok dengan api sampai benar-benar mengeras agar mangkok semakin kuat.
  7. Setelah selesai dibakar, hias mangkok dengan menggunakan cat dan kuas sesuai motif yang kalian inginkan
  8. Mangkok sudah selesai dan dapat digunakan sebagai benda pakai maupun benda hias

Bagaimana, Mudah bukan cara membuat mangkok dari tanah?. Jika kamu kesulitan dalam mencari bahan atau kesulitan pada saat membuat mangkok dari tanah liat karena tidak ada arahan dari orang yang berpengalaman dan kamu tinggal di jakarta. 

Kamu bisa mengunjungi pottery class jakarta untuk mengasah skill kamu dalam membuat kerajinan tangan. kegiatan ini sangat cocok dilakukan pada saat liburan, kamu bisa memilih pottery class alias kerajinan keramik.

Ada beberapa rekomendasi pottery class yang bisa kamu datangi dan ikuti:

1. Galeri Kollekan


Bagi kamu yang tinggal di daerah jakarta selatan, Galeri Kollekan ini sangat cocok bagi kalian karena berlokasi di Jl. H Abdul Majid Raya No. 15, Cipete Utara, Jakarta Selatan. 

Jika kamu datang ke Galeri Kollekan, kamu tidak perlu membawa peralatan apapun karena Galeri Kollekan telah menyediakan semua peralatan, mulai dari tanah liat sampai cat. 

Jangan khawatir apabila kamu belum pernah membuat kerajinan tanah liat, karena kamu akan diajarkan teknik yang paling dasar.

2. Tanakita Ceramics


Terletak di jakarta barat, Tanakita Ceramics sudah berdiri sejak tahun 2019 dan sudah banyak yang mengikuti kelas ini hingga menghasilkan keramik yang berkualitas dan desain yang estetik. 

Jika kamu berminat mengikuti kelas di Tanakita Ceramics, kamu bisa berkunjung ke lokasi yang beralamat di Tanakita Ceramics Jln. Tanjung Duren IV No. 1, Jakarta Barat

3. Rumah Keramik F. Widiyanto


Rumah Keramik F. Widiyanto cukup terkenal di daerah Jakarta dan sekitarnya, memiliki dua cabang yang berlokasi di Jalan Curug Agung, Depok dan di Jalan Taman Setia Budi, Jakarta. 

Selain Pottery Class, Rumah Keramik F. Widiyanto yang terletak di Depok juga tersedia restoran yang berteme kebun, jadi sangat cocok untuk menghabiskan weekend di tempat ini

4. Semesta Living


Semesta Living cukup populer di sosial media, khususnya di instagram, melalui @semesta.living kamu bisa melihat beberapa hasil karya yang menarik dari Pottery Class-nya. 

Semesta Living menyediakan dua jenis keramik, yaitu wheel pottery dan hand-built pottery. Kamu bisa belajar di kelas ini dari dasar hingga tingkat lanjut, jika kamu tertarik, Semesta Living berlokasi di Jl. Martimbang, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Demikian cara membuat mangkok dari tanah liat dan rekomendasi tempat yang dapat kalian gunakan untuk membuat dan belajar cara membentuk tanah liat menjadi sebuah karya seni. 

Semoga dapat menginspirasi kalian dalam kegiatan untuk mengisi waktu luang dan belajar membuat kerajinan keramik dengan tanah liat.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster