Press Release adalah: Tujuan, Jenis dan Struktur

Bagi masyarakat umum, press release berita masih terdengar asing. Tetapi, untuk sebuah perusahaan, badan usaha dan public figure telah mengetahui tentang press release. Dimana, press release akan berhubungan dengan pemberitaan segala aktivitas terkait mereka.

Setiap perusahaan akan memiliki public relation. Dimana seorang public relation akan melakukan soft selling perusahaan tersebut sehingga citra positif terbangun dalam masyarakat. Dan, sebagai medianya untuk melakukannya adalah press release.

Pengertian Press Release


Press Release adalah: Tujuan, Jenis dan Struktur

Press release yaitu suatu informasi yang dipublikasikan kepada khalayak ramai dengan tujuan untuk membangun citra positif suatu perusahaan atau badan usaha. Dimana, press release tersebut disebarkan melalui media surat kabar online dan offline serta media sosial.

Dalam pembuatan press release ini diperlukan suatu keahlian dalam penulisan dengan tata bahasa yang menarik, sehingga orang pun tertarik untuk membacanya. Dalam hal ini suatu perusahaan cenderung menyerahkan pekerjaan tersebut kepada perusahaan jasa press release murah.

Tujuan Press Release


Berdasarkan pengertian tersebut, maka tujuan press release yaitu sebagai berikut :

  1. Untuk membangun citra positif suatu perusahaan.
  2. Masyarakat mengetahui adanya perusahaan tersebut dari media.
  3. Sebagai bentuk transparansi terhadap stakeholder.
  4. Sebagai sarana informasi atas segala aktivitas yang dilakukan oleh suatu perusahaan.
  5. Sebagai bentuk sanggahan atas segala permasalahan terkait skandal perusahaan.
  6. Sebagai sarana promosi suatu produk.

Jenis Press Release


Menurut forbes dan fit small business pada umumnya terdapat 8 (delapan) jenis press release yang biasa digunakan saat ini, yaitu sebagai berikut :

1. Berita Umum


Press release ini secara umum digunakan sebagai sarana penyampaian berita positif suatu perusahaan kepada masyarakat umum. Dimana, press release jenis sebagai dasar untuk membuat press release jenis lainnya.

2. Press Release Launching Produk


Tujuan dari press release ini adalah untuk memberitahukan kepada khalayak ramai tentang peluncuran suatu produk baru. Sifat dari press release ini adalah kasual. Dimana sebagai sarana informasi terkait dengan sesuatu yang baru pada suatu perusahaan.

3. Press Release Suatu Acara


Press release ini dibuat dengan tujuan untuk memberitahu suatu acara yang diadakan perusahaan tersebut. Dimana, dalam penyusunannya harus dengan bahasa yang tidak membosankan dan bisa berbentuk online, list atau poin-poin penting terkait acara tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, perusahaan dapat menggunakan jasa perusahaan press release murah. Dimana, mereka pastinya memiliki pengalaman dalam pembuatan event press release yang informatif bagi masyarakat umum.

4. Press Release Produk


Jenis press release ini memiliki kemiripan dengan launch press release. Namun yang membedakannya adalah pemberitaannya lebih lengkap. Isi dari press release jenis ini adalah adanya keunggulan dari suatu produk baru tersebut beserta spesifikasinya.

5. Press Release Staff Exekutif


Press release ini digunakan bertujuan sebagai pengumuman terkait adanya penerimaan karyawan baru yang memiliki jabatan penting dalam suatu perusahaan seperti direktur atau komisaris baru.

Isi dari press release berita ini umumnya adalah biodata pejabat tersebut. Dan, juga adanya dicantumkan fotonya. Sehingga khalayak ramai mengetahui wajah dari pejabat penting perusahaan tersebut.

6. Press Release Terkait Kemampuan Seseorang


Press release ini memiliki kemiripan dengan press release staff eksekutif. Yang menjadi pembeda adalah press release ini memuat tentang kemampuan seseorang yang berguna bagi perusahaan. Dimana, dalam pembuatannya akan ada keterlibatan dari pihak ketiga, yaitu masyarakat publik.

7. Press Release Pencitraan Ulang


Press release pencitraan ulang memiliki tujuan sebagai jembatan komunikasi adanya perubahan dalam citra suatu perusahaan. Dimana, hal ini dilakukan agar masyarakat luas dapat beradaptasi terhadap perubahan citra suatu perubahan atau citra suatu merek di suatu perusahaan.

8. Press Release Kerjasama


Press release kerjasama ini menceritakan adanya kerja sama antar perusahaan. Dimana dilakukan dengan tujuan untuk membangun citra positif pada para pemegang saham dan masyarakat luas.

Struktur Naskah Press Release


Dikutip dari sebuah buku yang berjudul jurnalisme positif karya dai Nina dan Triyanto (2021), struktur press release berita adalah sebagai berikut :

Judul (Head)


Penulisan press release ini harus mengandung kalimat aktif dan lengkap. Minimal ada subjek serta predikat.

Teas (Lead)


Dalam pembuatan lead harus mengutamakan subyek, yaitu mengandung unsur “who, does, what”.

Isi Press Release (Body)


Dalam pembuatan isi press release ini mengandung unsur “why and how”. Dimana, di bagian awal press release berita terdapat logo, nama perusahaan dan alamatnya. Sedangkan pada bagian akhir terdapat kontak person perusahaan tersebut.

Dengan mengetahui struktur naskah press release tersebut, adapun langkah-langkah cara membuat press release adalah sebagai berikut :

  1. Memilih suatu topik yang pantas untuk diberitakan dan bersifat relevan.
  2. Menuliskan judul yang menarik
  3. Mencantumkan kutipan yang dapat membuat orang tertarik untuk membacanya.
  4. Menuliskan semua informasi yang penting berdasarkan apa tujuan dan arti press release itu dibuat.
  5. Press release ditulis sesingkat-singkatnya.
  6. SEO harus tetap diperhatikan.
  7. Call in action (CAT) dicantumkan.

Melihat urgensi dan pentingnya press release bagi suatu perusahaan, maka agar mudah dan praktis perusahaan dapat menggunakan jasa press release murah. Salah satunya adalah aku digital. Aku digital adalah perusahaan jasa press release yang cepat, mudah, aman, dan terpercaya.

Dengan menggunakan aki digital, maka Anda akan memiliki keuntungan karena dapat dengan cepat diliput pada 100 lebih media yang tersebar. Aku digital adalah perusahaan jasa press release murah yang pengalaman dalam menangani ratusan konsumen dalam pembuatan press release.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster