6 Keunggulan Pemasangan Conblock yang Sebaiknya Anda Tahu

Concrete block (conblock) atau balok semen sering ditemui di jalan-jalan perumahan dan taman. Bahan pembuatan conblock terdiri dari semen campuran, air, dan agregat lain. 

Selain semen, conblock juga bisa dibuat dari bahan perekat yang lain. pemasangan conblock seperti puzzle yang saling mengunci.

Keunggulan Pemasangan Conblock yang Sebaiknya Anda Tahu

Dalam pembangunan, Anda mungkin memilih material dibanding yang lain. Simak keunggulan-keunggulan conblock di bawah ini:

1. Tahan lama dan tahan cuaca


Conblock yang terbuat dari beton berkualitas akan memberikan keunggulan antara lain tahan lama dan tahan terhadap cuaca Indonesia yang mudah berubah. 

Pilihlah kualitas conblock baik dari tempat terpercaya. Beton yang baik akan lebih lama menahan beban berat kendaraan. 

Dengan demikian, conblock yang sering tertimpa hujan badai serta panas menyengat tidak mudah retak maupun hancur.

2. Hemat biaya


Dibandingkan dengan material lain seperti aspal, harga conblock per meter relatif lebih terjangkau dalam pembelian. 

Di sisi lain, jika Anda menggunakan conblock kualitas yang baik, Anda juga tidak perlu sering mengganti conblock. Pemasangan conblock lebih efisien dan cepat, sehingga Anda bisa mengalokasikan dana untuk yang lain. 

Pemasangan conblock bisa dilakukan sendiri tanpa memanggil tukang bangunan apabila permukaan yang akan dilapisi kecil dan sempit.

3. Mudah dipelihara


Conblock cenderung mudah dipelihara dibandingkan material untuk permukaan yang lain seperti aspal atau material lainnya. 

Apabila Anda menggunakan conblock untuk taman, Anda dapat membersihkannya dengan air dan sabun. 

Jika permukaan conblock berlumut, Anda dapat menyemprotkan cairan pembasmi lumut dan fungisida kemudian digosok dan dibilas.

Agar conblock terjaga kebersihannya, Anda dapat mencoba membersihkannya dengan kapur bangunan. 

Cara membersihkannya adalah basahi permukaan conblock yang akan dibersihkan, sediakan kapur bangunan yang sudah dihaluskan, lalu taburkan kapur ke permukaan yang basah dan biarkan meresap. 

Lebih baik pembersihan conblock dilakukan saat cuaca sedang terik agar tidak tersapu air hujan.

Pembersihan conblock dari rumput yang tumbuh di sela-selanya bisa menggunakan mesin pemotong rumput. 

Namun, Anda dapat menggunakan cairan kimia pembasmi rumput pada conblock terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan.

4. Mudah dan cepat dalam pemasangan


Pemasangan dan penyusunan conblock seperti puzzle, sehingga mudah untuk mengikuti alurnya. Jika ada conblock yang rusak dan terlepas, Anda dapat menggantinya sendiri asalkan ukuran conblock sesuai. 

Untuk permukaan yang luas seperti jalan, taman rumah yang luas, atau halaman rumah yang luar, Anda dapat meminta bantuan karena pemasangan di permukaan luas membutuhkan ketelatenan.

5. Lebih menyerap air


Setiap sisi conblcok yang dipasang akan menciptakan rongga. Rongga ini berfungsi untuk mempercepat penyerapan air hujan ke tanah dan mengurangi genangan akibat hujan. 

Lingkungan rumah Anda akan memiliki cadangan air tanah dari cara ini. Di samping menambah cadangan air, conblock dibuat dengan cara yang lebih ramah lingkungan dibandingkan aspal.

6. Menambah estetika lingkungan


Conblock bersifat multifungsi, termasuk dalam estetika. Bentuk conblock yang beragam mulai dari persegi atau model bata, hexagon, trihex (tiga hexagon digabung), kubus, topi uskup (segitiga), cacing (seperti bata tetapi tepinya bergelombang), ubin set (permukaan bercorak seperti ubin), dan model lubang. 

Selain bentuk yang beragam, warna dasar conblock bermacam-macam. Selain itu. conblock mudah dicat untuk menambah estetika. Bentuk-bentuk conblock ini menambah keindahan jalan, taman, area parkir mobil hingga lahan parkir truk

 Anda juga dapat berkreasi dengan rumput yang tumbuh di sela-sela conblock, terutama model conblock lubang.

Conblock memiliki berbagai keunggulan, tetapi juga terdapat kekurangan seperti jalan raya dengan beban berat dan tanah di bawahnya mudah bergelombang. 

Untuk memasang conblock, Anda perlu mengetahui kebutuhan permukaan. Dengan demikian Anda dapat mengestimasi biaya pemasangan conblock.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster