Mau Belajar Data Science? Simak 3 Alasan Ini

Adakah yang berencana untuk belajar Data Science lebih mendalam? Jika iya, itu adalah rencana yang sangat layak untuk diwujudkan.

Pasalnya, kita tengah hidup di era digitalisasi yang sangat besar kemungkinannya memiliki permintaan yang besar terhadap jurusan yang satu ini.

Nantinya, Data Science merupakan satu cabang keilmuan yang cukup banyak diburu oleh berbagai sektor perusahaan. Hal ini dikarenakan cara kerja seorang tenaga kerja data science sendiri berbeda dengan kebanyakan orang pada umumnya.

Yuk kita lihat penjelasan selengkapnya di bawah ini, ya.

Alasan Pentingnya Belajar Data Science


Alasan Pentingnya Belajar Data Science

Pentingkah kuliah Data Science? Penting atau tidaknya sangat bersifat subyektif, tapi teman-teman perlu ketahui, bahwa bidang ini memegang peran penting dalam perusahaan karena yang diolah adalah berupa Big Data yang sangat kompleks.

1. Salah Satu Pekerjaan yang Cukup Strategis


Media bisnis milik Universitas Harvard, yakni Harvard Business Review menyampaikan jika Data Science ialah salah satu cabang keilmuan yang sangat seksi pada abad ke 21.

Hal ini didasarkan pada tiga indikator, yakni jumlah lowongan pekerjaan, rerata pendapatan, dan tentu saja jenjang karir yang menjanjikan.

Cobalah untuk mencari lowongan pekerjaan dengan menggunakan kata kunci data scientist, dan lihat berapa banyak lowongan yang ada.

Kemudian terkait dengan besaran gaji yang didapatkan. Jika kita melihat di benua Eropa dan Amerika, gaji yang diberikan pada seorang Data Scientist adalah lebih besar daripada teknisi dan mekanik berpengalaman.

Benar. Dengan kata lain, seorang tenaga kerja Data Science ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan di bidang yang sama, yakni teknologi informasi (IT).

2. Dibutuhkan Oleh Banyak Lembaga dan Perusahaan


Apakah teman-teman tahu, jika di Indonesia masih kekurangan tenaga kerja bidang Data Science ini? Pada tahun 2021 saja, ada lebih dari 60% perusahaan raksasa dunia membutuhkan tenaga kerja ini.

Itulah mengapa, kesempatan berkarir di bidang ini cukup menjanjikan. Sebab kita sangat mungkin untuk melangkah menjadi seorang konsultan, seiring dengan jam terbang kita di bidang yang sama.

Itulah mengapa, belajar Data Science juga sekaligus membuat rencana yang baik untuk masa depan kita.

3. Salah Satu Kesiapan Menghadapi Digitalisasi


Tentu kita menyadari, jika saat ini mulai banyak sektor yang melakukan transformasi digital. Dengan belajar Data Science, artinya kita juga siap untuk menjadi bagian perubahan tersebut.

Karena nantinya, setelah lulus kita akan memiliki keahlian yang yang sangat cocok dengan kondisi perkembangan teknologi. Tentu saja ini juga menjadi nilai tambah bagi profil kita, bukan?

Ingin Kuliah Data Science? Universitas Bunda Mulia Menjawab Keraguan Kita


Universitas Bunda Mulia (UBM) adalah salah satu perguruan tinggi yang bisa dijadikan pilihan, ketika teman-teman ingin kuliah Data Science ini.

Misi yang diusung oleh UBM adalah menghasilkan lulusan yang siap kerja dengan berbekal kompetensi dan memiliki daya saing di tingkat global.

Itulah mengapa, mahasiswa yang tergabung dalam prodi (Program Studi) Data Science ini akan diajak untuk banyak mengembangkan sistem pemberdayaan dan pengabdian di masyarakat.

Ketika kuliah Data Science di UBM, teman-teman nantinya akan diberikan kesempatan untuk memilih peminatan. Beberapa pembagian peminatan tersebut antara lain :

Big Data Designer

Kompetensi pada peminatan ini akan berfokus pada pembuatan desain manajemen Big Data, sehingga perusahaan bisa menggunakannya untuk mengelola data yang sangat kompleks.

Visual Data Analyst

Sedangkan kemampuan yang akan didapatkan di peminatan ini adalah bisa menganalisa sekaligus membuat visualisasi dari Big Data, agar kemudian bisa dijadikan bahan evaluasi oleh perusahaan.

Data Science Application Engineer

Kompetensi yang akan dimiliki di bidang ini adalah mampu memanfaatkan teknologi komputer terkini untuk memeriksa, menyusun dan menerapkannya selama dibutuhkan oleh yang berwenang.

Beberapa mata kuliah yang nantinya akan ada dan memudahkan dalam kegiatan belajar Data Science ini, antara lain Matematika, Statistika, Ekonomi hingga pengetahuan seputar ilmu komputer dan elektronik.

Hal ini tentu saja sesuai dengan apa yang nantinya akan dipelajari di Data Science sendiri, yakni melakukan pengolahan data yang banyak dan kompleks, untuk kemudian dianalisis dan disajikan dalam sebuah gagasan strategis.

Ya, ketika belajar Data Science artinya kita akan berkecimpung secara penuh dalam dunia digital yang abstrak. Jadi bagaimana? Tidak inginkah bergabung di UBM untuk mewujudkan mimpi menjadi seorang Data Scientist yang andal?

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster