Tahu Lebih banyak Tentang Kalazion Melalui Portal SehatQ

Pernahkah mengalami ada benjolan kecil/bengkak yang muncul di kelopak mata? Benjolan yang muncul di kelopak mata bagian atas atau kelopak bawah. Bisa juga muncul di kelopak kedua mata. Nama benjolan ini disebut Kalazion. Seringkali tidak ada rasa perih atau gatal dan bisa hilang dalam beberapa hari.

Namun ada kasus Kalazion yang menjadi membesar dan mengganggu penglihatan mata. Terkadang ada infeksi ringan yang bisa menjadi nyeri di benjolan. Untuk itu yang mengalami hal seperti ini segeralah bertanya ke dokter agar tidak menjadi parah.

Gejala kesehatan yang muncul bisa dicari sebagai penyakit apa dengan mencari direktori penyakit di website SehatQ. Dalam direktori penyakit SehatQ berisi informasi yang sangat lengkap dari penyebab hingga pengobatan.

Bagaimana dengan direktori penyakit Kalazion? Untuk informasi selengkapnya bisa dibaca sampai selesai.

Tanda Kalazion


Tanda Kalazion

Tanda kemunculannya secara umum sebagai berikut:

  • Kelopak mata ada benjolan kecil
  • Pembengkakan
  • Adanya iritasi yang ringan
  • Pandangan menjadi kabur
  • Mata sering berair
  • Merah di benjolan
  • Nyeri

Untuk Kalazion yang akan hilang dengan sendirinya tidak mengalami merah di benjolan dan nyeri. Kedua tanda ini biasanya terjadi adanya infeksi di benjolan. Namun ada beberapa orang yang mengalami gejala khusus yang tidak seperti di atas. Jika hal ini terjadi bisa langsung konsultasikan ke dokter.

Komplikasi yang Dialami Penderita


Orang yang mengalami Kalazion yang cukup parah bisa menderita mulai dari:

  • Mengalami kerontokan bulu mata
  • Pembentukan jaringan parut di kelopak mata
  • Infeksi yang dirasakan di benjolan
  • Rasa malu karena ada benjolan
  • Penglihatan terhalang
  • Munculnya refraksi mata

Jika hal di atas sudah dirasakan, sudah waktunya untuk berobat ke dokter. Agar mendapatkan penanganan yang tepat dan infeksi tidak semakin melebar ke area mata lainnya.

Pemicu Kalazion


Di kelopak mata ada kelenjar minyak/meibom yang berfungsi untuk melembabkan mata. Namun, adanya penyumbatan di kelenjar yang menyebabkan benjolan. Itulah yang disebut penyakit Kalazion.

Kemunculannya juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya, yaitu:

  • Kalazion Sering terjadi di usia dewasa.
  • Orang yang memiliki penyakit inflamasi kronis, seperti jerawat, seborea, blefaritis, rosacea, dan peradangan yang terjadi di kelopak mata.
  • Kalenjer meibom mengalami peradangan.
  • Terkena infeksi dari penyakit konjungtivitis.

Cara Pengobatan Kalazion


Untuk mengobati Kalazion ditentukan dari sudah berapa lama mengidap penyakit ini dan seberapa parah berpengaruh dengan kesehatan mata. Jadi ada pengobatan ringan hingga operasi. Beberapa pengobatan yang disarankan dokter, melipu:

Kompres Air Hangat


Kain yang digunakan untuk mengompres harus bersih. Sebenarnya benjolan bisa hilang tanpa harus diobati. Namun, untuk mencegah terjadi yang tidak diinginkan sebaiknya disembuhkan segera.

Dengan cara mengompres dengan air hangat membantu pencairan sumbatan yang terjadi di kelenjar minyak. Lakukan hingga empat kali dalam sehari dengan durasi 10 menit.

Setelah di kompres bisa lakukan pemijatan ringan di benjolan dengan tangan. Hal ini membantu sumbatan lebih cepat lancar peredarannya.

Diobati dengan Obat


Jika menggunakan kompres tidak ada perubahan. Waktu mengidap juga sudah cukup lama, bisa lakukan pengobatan dengan obat. Obat yang digunakan yaitu antibiotik yang berfungsi mencegah infeksi. Memasukan kortikosteroid dengan cara disuntik untuk mengecilkan pembengkakan.

Operasi


Jalan pengobatan ini dilakukan jika Kalazion sudah mengalami gejala parah seperti mata menjadi kabur atau rasa nyeri. Jika sering terjadi Kalazion meski sudah dioperasi maka akan adanya biopsi. Fungsi untuk mengetahui apakah ada penyakit lainnya yang diderita oleh mata.

Pencegahan


Agar tidak adanya Kalazion bisa melakukan pencegahan dari menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh. Hindari memegang mata dengan tangan yang kotor. Setiap mau menyentuh mata sebaiknya tangan dalam kondisi bersih. Penggunaan kacamata dan lensa mata harus dalam kondisi steril.

Mengenal Direktori Penyakit SehatQ


Seperti penyakit di atas bisa ditemukan informasi yang lengkap tentang penyakitnya. Bahkan sampai persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum pemeriksaan ke dokter. Kelengkapan informasinya meliputi pengertian penyakit, gejala yang dialami, penyebabnya, diagnosis, pengobatan, pencegahan, dan tips bertemu dokter.

Topik yang dibahas dalam direktori penyakit SehatQ mulai dari jenis obat yang memiliki izin, deskripsi obat, efek samping penggunaan obat, interaksi, dan hal-hal yang harus diperhatikan jika mengkonsumsi obat.

Direktori penyakit dari nama penyakit A sampai Z bisa ditemukan di SehatQ. Pembahasannya mudah dimengerti oleh orang non medis. Semua informasinya bersumber dari para dokter ahlinya. Jadi misal merasakan gejala di tubuh bisa dicari dulu di SehatQ. Seperti gejala Kalazion di atas, akan ditemukan informasi lengkapnya.c

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster