6 Tips Menjaga Kesehatan Saat Bermain Game!

Bermain game merupakan kegiatan menyenangkan yang banyak digemari anak muda saat ini. Namun, tidak sedikit pecinta game yang kerap kali lupa akan kesehatan tubuhnya saat bermain game. Padahal, kesehatan tubuh sangat penting untuk dijaga. Meskipun kamu hanya duduk dan tidak banyak gerak saat bermain game, tetapi masalah kesehatan juga bisa menyerangmu kapan saja.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Bermain Game!

Oleh karenanya, perhatikan juga kesehatan tubuhmu saat bermain game, ya. Nah, untuk membantu menjaga tubuh kamu tetap sehat, dan bugar ketika bermain game, simak berikut ini caranya.

1. Selalu Sediakan Air Putih Di Sekitarmu


Selalu Sediakan Air Putih Di Sekitarmu

Kalau tubuh kekurangan cairan, sejumlah masalah kesehatan, seperti tubuh lemas, kulit terasa kering, dan sakit kepala pun tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, agar tubuh kamu tetap terhidrasi konsumsilah air putih yang cukup saat main game.

Kalau perlu, kamu bisa menyediakan air putih di dekatmu untuk memudahkan kamu saat ingin minum di sela-sela aktivitas main game, sehingga cairan dalam tubuhmu tercukupi dengan baik.

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi


Konsumsi Makanan Bernutrisi

Walaupun tidak seberat kegiatan fisik, akan tetapi otak kamu juga perlu nutrisi yang baik untuk bermain game. Apalagi, ada beberapa game yang kerap kali bikin mikir berat dalam mengatur strategi untuk memenangkan sebuah game. Ternyata, hal itu juga bisa berpengaruh ke fisikmu, lho.

Untuk itu, konsumsilah makan makanan sehat yang bernutrisi agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga. Kalau kamu suka ngemil, pilihlah cemilan sehat, seperti gandum dan kacang.

3. Perhatikan Posisi Tubuh Ketika Duduk


Perhatikan Posisi Tubuh Ketika Duduk

Ketika bermain game, pastikan posisi duduk kamu bikin kamu terasa nyaman, dan sesuai. Selain itu, disarankan pilih kursi duduk yang memiliki sandaran pendukung postur tubuh. Hal ini sangat penting, terutama bagi kamu yang sering bermain game dalam waktu yang lama.

4. Atur Kecerahan Layar pada Gadget Game


Atur Kecerahan Layar pada Gadget Game

Kamu juga perlu memastikan layar gadget game yang kamu mainkan tidak terlalu silau, dan tidak terlalu redup. Layar yang begitu terang akan membuat mata silau, dan bisa mempengaruhi kesehatan matamu, begitu pula saat layarnya redup. So, aturlah kecerahan layar gadget-mu yang pas, dan nyaman dilihat.

5. Istirahatkan Sejenak Mata dan Tubuhmu


Istirahatkan Sejenak Mata dan Tubuhmu

Saat bermain game, kegiatan fisik kamu otomatis akan berkurang. Tubuh yang kurang bergerak justru bisa menimbulkan berbagai penyakit dengan mudah. Agar tubuhmu tetap aktif bergerak, lakukanlah aktivitas fisik di sela-sela kegiatan main game.

Kamu bisa memberikan waktu sejenak untuk tubuh beristirahat, dengan melakukan peregangan otot, atau jalan-jalan sebentar selama 15 menit, setiap 1 jam main game. Selain itu, berikan juga waktu istirahat pada matamu, dengan melihat objek berwarna yang jauh selama kurang lebih 20 detik, setiap waktu 30 menit main game.

6. Batasi Waktu Main Game


Batasi Waktu Main Game

Bermain game hingga tidak kenal waktu tentu tidak bagus untuk kesehatan. Karenanya, batasi waktu kamu dalam bermain game agar kesehatanmu tetap terjaga. Kalau bisa, bikin jadwal pada waktu-waktu tertentu untuk kamu gunakan bermain game, sehingga kamu bisa tetap produktif dalam menjalankan aktivitas lainnya.

Banyaknya jenis gadget saat ini memang kerap kali membuat beberapa orang lupa waktu karena keseruan bermain game. Apalagi, di Nintendo Switch Lite ada beragam game seru dan edukatif yang bisa dimainkan. Tidak hanya itu, harga Nintendo Switch Lite yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yaitu kisaran Rp 5.490.000.

Itulah serangkaian tips yang bisa kamu coba agar kesehatan tubuh tetap sehat, meski sering bermain game.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster