5 Kue Kering Edisi Hari Besar Islam

Hari besar Islam adalah Lebaran dan Idul Adha, pada saat itu biasanya banyak yang saling berkirim hampers atau bingkisan. Macam-macam isi dari bingkisan tersebut, namun yang paling banyak digemari adalah bingkisan yang berisi kue kering.

Kue kering dipilih sebagai isian hampers karena praktis, terlihat cantik dan menggiurkan, serta pasti tidak akan mubazir. Bukan hanya untuk disantap sendiri, melainkan juga bisa dijadikan suguhan untuk tamu, atau dibagikan kepada orang yang kurang beruntung. Kue kering juga awet, bisa bertahan selama dua hingga tiga minggu jika disimpan dalam toples yang rapat.

Macam-Macam Kue Kering


Macam-Macam Kue Kering

Saat Lebaran dan Idul Adha, ada beberapa jenis kue kering yang paling banyak digemari. Beberapa contoh kue kering yang paling populer adalah sebagai berikut :

1. Nastar


Kue nastar adalah jenis kue kering pertama yang paling laris di hari besar Islam. Merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung terigu dan mentega, serta diberi isian selai nanas yang manis asam menyegarkan. Kue kering yang satu ini juga bukan hanya dijadikan suguhan di rumah, melainkan juga dijadikan hampers untuk keluarga dan kenalan.

Umumnya kue nastar berbentuk bulat setengah lingkaran, dengan permukaan bagian atasnya yang dilapisi dengan olesan kuning telur sehingga terlihat lebih menarik. Namun ada juga nastar yang dibentuk seperti nanas, berbentuk daun, hingga berbentuk strawberry yang lucu.

2. Puteri Salju


Kue kering selanjutnya yang banyak disajikan di hari besar Islam adalah kue puteri salju. Berupa kue kering yang dipanggang dari adonan terigu, mentega dan sedikit kacang supaya terasa lebih gurih. Dicetak dengan bentuk bulat, hati, dan paling umum berbentuk bulan sabit yang indah. Setelah kue matang, akan ditaburi dengan gula halus terlebih dahulu, supaya permukaannya tertutupi gula seperti salju.

Kue puteri salju banyak digemari karena teksturnya yang renyah, dan juga rasa manis bercampur gurih kacang yang lezat. Selain rasa original, sekarang juga trend kue puteri salju dengan basic kue kering rasa pandan, cokelat dan lainnya.

3. Kastengel


Untuk pecinta kue kering dengan citarasa yang gurih, maka kastengel ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Merupakan kue kering yang terbuat dari adonan terigu dan keju yang membuat rasanya begitu kaya. Umumnya dibentuk persegi panjang kecil-kecil, dengan bagian atasnya diolesi kuning telur dan parutan keju. Tetapi sekarang juga banyak yang membuatnya lebih unik, dengan menggunakan cetakan lain.

4. Sagu Keju


Kue kering selanjutnya yang jadi idola saat hari raya Islam adalah kue sagu keju. Seperti namanya, kue ini dibuat dari tepung sagu yang dicampur dengan parutan keju. Disemprotkan dengan spuit bintang ke atas loyang, lalu dipanggang hingga matang. Teksturnya renyah, dan lumer di mulut sehingga banyak yang mengidolakan kue yang satu ini.

Selain sagu keju, kue sagu original pun banyak yang suka. Sebab rasanya yang memang sangat lumer di lidah, tak terasa bisa habis satu toples dalam sekali santap. Selain untuk suguhan para tamu, Anda juga bisa mengemasnya jadi hampers.

5. Semprit


Terakhir, kue semprit jadi idola. Dicetak menggunakan spuit khusus, dibuat melingkar, atau memanjang dan bentuk lainnya, lalu diberi sukade, atau sedikit selai nanas sehingga tampilannya lebih cantik. Dipanggang sebentar hingga matang, lalu setelah dingin akan disimpan di dalam toples yang kedap udara. Kue semprit biasanya dibuat dengan rasa original, aroma vanila yang kuat. Tetapi belakangan ini juga banyak kue semprit dengan rasa cokelat, keju, semprit susu dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin membeli kue nastar maupun kue kering lainnya, pilih kue kering hasil produksi yang masih fresh sehingga rasanya lebih lezat dan maksimal. Anda bisa memesannya langsung ke baker kesayangan masing-masing. Bisa juga memesannya di marketplace, ada banyak toko online yang menyediakan aneka kue kering khas hari raya Islam lainnya.

Salah satunya di Blibli.com, Anda bisa menemukan kue nastar, kue puteri salju dan macam-macam kue lainnya di sini. Trusted seller dan menawarkan produk terbaik dengan harga yang lebih ekonomis.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster