5 Keunggulan Menggunakan Kemasan Standing Pouch

Kemasan standing Pouch saat ini banyak ditemukan di berbagai kemasan yang ada di toko. Sebagai kemasan yang berfungsi untuk melindungi produk dan melancarkan pendistribusian, kemasan standing pouch banyak dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk mengemas produk mereka, mulai dari makanan, minuman, pakaian, produk kesehatan sampai kosmetik.

Apa sih Kemasan Standing Pouch itu?


5 Keunggulan Menggunakan Kemasan Standing Pouch

Kemasan standing pouch adalah jenis kemasan yang fleksibel dan dapat berdiri. Biasanya memiliki zipper sebagai pembuka dan penutup kemasan. Sehingga konsumen tidak perlu repot mencari penutup dan menuangkan isi produk ke tempat lain.

Bahan untuk membuat kemasan standing pouch kebanyakan dari alumunium foil dan nylon. Tapi bisa juga dari bahan lain disesuaikan dengan kebutuhan.

Posisinya yang berdiri, membuat produk tidak tumpah kemana-mana. Ditambah desain standing pouch yang terkini tentu membuat konsumen lebih tertarik dibandingkan kemasan jenis lainnya.

Keunggulan Kemasan Standing Pouch


Tidak bisa dipungkiri, produk yang dikemas dengan kemasan standing pouch lebih banyak diminati konsumen dibandingkan dengan kemasan jenis lain. Fakta ini jelas menguntungkan bagi pelaku usaha UMKM, karena bisa meningkatkan penjualannya.

Setidaknya ada 5 keunggulan kemasan standing pouch yang menjadikannya unggul dibandingkan jenis kemasan lainnya, diantaranya :

1. Ringan dan Kuat


Kemasan standing pouch biasanya dibuat dari bahan plastik yang memiliki sifat ringan dan kuat. Plastik bisa melindungi produk di dalamnya dengan lebih baik karena tidak mudah tembus air dan udara. 

Bobotnya yang ringan membuat kemasan standing pouch mudah diangkut sehingga meminimalisir biaya pengiriman.

2. Meminimalisir Kerusakan


Kemasan standing pouch dibuat dari bahan plastic, sehingga tidak mudah pecah ketika jatuh. Tidak seperti kemasan kaca yang mudah pecah. Keusakan akibat pecahnya kemasan pun dapat dihindari dengan adanya kemasan standing pouch yang menguntungkan ini.

Bahan plastic ini juga dipakai untuk desain standing pouch, sehingga lebih tahan terhadap oksigen, kelembaban, paparan sinar matahari langsung dan juga perubahan suhu. Kualitas produk pun bisa terjaga dengan baik dan tetap segar sampai di tangan konsumen

3. Membutuhkan Sedikit Ruang


Penataan ruangan yang berisi produk dengan kemasan standing pouch, bisa ditumpuk tanpa khawatir merusak produk. Ruangan yang disediakan untuk menyimpan produk yang dikemas dengan kemasan standing pouch pun bisa muat banyak, sehingga efisien untuk pendistribusian. Menguntungkan sekali.

4. Membantu Branding


Keunggulan lainnya dari kemasan standing pouch ini adalah desain standing pouch yang bisa di-custom sesuai dengan keinginan. Para pelaku usaha UMKM bisa memasukkan logo produk atau apapun untuk membaranding perusahaan sehingga lebih dikenal oleh konsumen.

Bagian bawah kemasan standing pouch yang bisa didudukkan membuat pelaku UMKM bisa menaruh branding di bagian depan, sehingga bisa langsung terlihat oleh konsumen.

5. Lebih Ergonomis


Ergonomis artinya jenis kemasan yang mengutamakan kenyamanan konsumen serta keamanan produk, karena bentuk dan ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. 

Melalui desain standing pouch yang modern dan kekinian, tentu lebih menarik minat konsumen. Selain itu penutupnya yang berbentuk zipper memudahkan konsumen untuk membuka dan menutup kemasan.

Apa yang Dilihat Konsumen dari Kemasan Standing Pouch


Jika dilihat dari keunggulannya, kemasan standing pouch memang lebih unggul dibanding kemasan lain yang tidak bisa berdiri dan tidak ada penutup model zipper di bagian dalamnya. Lalu sebenarnya apa sih yang dilihat oleh konsumen sampai tertarik untuk memilih produk yang dikemas dengan kemasan standing pouch ini.

Beberapa poin berikut ini adalah bagian yang pasti dilihat oleh konsumen pada kemasan standing pouch. Ini penting karena konsumen hanya memerlukan beberapa detik saja untuk memutuskan tertarik atau tidak dengan desain kemasan standing pouch. Poin tersebut diantaranya :

1. Nama Brand


Nama brand sangat penting karena bagian ini yang akan dikenal oleh konsumen. Letakkan di bagian depan desain kemasan standing pouch kamu dan pastikan konsumen bisa membacanya dengan jelas. Tambahkan juga logo untuk membuat konsumen mengenal produk kamu dengan lebih dalam.

2. Nama Produk


Nama produk juga harus ada di bagian depan kemasan. Tulislah dengan jelas dan singkat, sehingga konsumen bisa mengingatnya dengan baik. Bila perlu tambahkan juga ilustrasi untuk menggambarkan nama produk yang kamu jual. Misalnya keripik, ada gambar keripiknya. Begitu juga jika ada rasa kurma. Tambahkan buah kurma di dalam desainnya.

3. Manfaat Produk


Konsumen saat ini makin cerdas. Sebelum membeli sebuah produk, konsumen pasti mencari tahu apa manfaat dari produk yang dibelinya. Tambahkan poin ini ke dalam desain standing pouch kamu. Bisa lewat tulisan atau icon tertentu untuk menghemat ruang.

4. Rasa produk


Rasa biasanya ditambahkan ke dalam produk makanan. Misalnya pedas, manis, asam, dan lain-lain. Atau papermint, anggur, apel untuk minuman. Tulislah rasa ini di desain standing pouch kamu, sehingga konsumen bisa membedakannya dan mudah mencari rasa yang disukainya.

Sebagai konsumen, kemasan standing pouch memang sangat menarik. Kadang ada konsumen yang tetap membeli produk dengan kemasan standing pouch meskipun jumlah produknya sedikit.

Pandangan pertama menentukan konsumen jadi membeli atau tidak produk yang dijual. Semua bergantung dari jenis kemasan dan desain kemasan standing pouch yang digunakan.

Pelaku UMKM tentu saja bisa memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan penjualan, dengan cara mengubah kemasan produknya menjadi kemasan standing pouch yang lebih menjual dan sesuai dengan selera konsumen. Lebih menguntungkan dan menjanjikan.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster