Apa itu Ekspor Impor?

Kegiatan ekspor impor dalam suatu negara itu sangatlah penting. Kedua kegiatan ini berpengaruh terhadap perekonomian negara. 

Agar kegiatan ekspor impor terus berjalan, saat ini banyak pelatihan ekspor untuk UMKM di Indonesia. Tujuannya semakin UMKM yang memiliki pasar lebih luas. Diharapkan banyak pengusaha yang baru merintis untuk mengikuti kelas ekspor.

Pengertian Tentang Ekspor Impor


Pengertian Tentang Ekspor Impor

Ekspor impor kegiatan perdagangan yang lebih luas yaitu perdagangan antar negara atau internasional. Pengawasan untuk perdagangan internasional di Indonesia diatur dan diawasi oleh Pabean dari Direktorat Jenderal Bea & Cukai yang berada dalam naungan Kementerian Keuangan.

Perbedaan yang jauh dengan aturan perdagangan di dalam negeri dan internasional sehingga para pengusaha baru perlu untuk mengikuti pelatihan ekspor yang kompeten. Dengan mengikuti kelas ekspor maka usaha akan lebih bagus lagi.

1. Ekspor


Ekspor adalah kegiatan penjualan barang dari dalam negeri ke luar negeri dengan mengikuti aturan pabean. Contohnya penjualan kopi ke luar negeri. Yang melakukan ekspor bisa dari negara juga pengusaha.

Orang yang melakukan ekspor disebut dengan eksportir. Saat ini barang yang diekspor tidak hanya bahan baku, barang yang langsung konsumsi sudah banyak beredar di luar negeri. Seperti penjualan merek mie yang terkenal di Indonesia sudah menyebar ke luar negeri.

Kegiatan ekpsor juga dilakukan oleh pekerja seni, seperti seni pahat, seni ukir, seni lukis, dan seni lainnya. Jenis ekspor tidak terpatok dari bahan baku alam.

2. Impor


Impor pengertian sederhananya adalah masuknya barang dari luar negeri ke dalam negeri dan diatur oleh pabean. Orang yang melakukan impor bisa dari pihak negara, pengusaha, maupun perorangan.

Misalnya impor gandum dari luar negeri, karena di Indonesia tidak menghasilkan gandum. Ada juga jenis impor produk jadi seperti ramen yang digemari oleh masyarakat Indonesia.

Orang yang melakukan kegiatan impor disebut dengan importir. Setiap barang impor masuk ke Indonesia akan diberi pajak atau tarif bea cukai. Sehingga beberapa barang impor harganya cukup mahal.

Manfaat Kegiatan Impor Ekspor


Untuk apa dalam perdagangan dianjurkan untuk melakukan ekspor impor? Ada banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan perekonomian ini.

Manfaat Ekspor


  1. Menghasilkan devisa negara.
  2. Meningkatkan industri dalam negeri.
  3. Mengendalikan harga barang yang berlebih dalam negara.

Manfaat Impor


  1. Memenuhi kebutuhan barang dalam negeri.
  2. Memenuhi kebutuhan industri.
  3. Mendapatkan kebutuhan teknologi.
  4. Barang impor membantu inflasi dalam negeri.

Pentingnya Pelatihan Ekspor


Pentingnya Pelatihan Ekspor

Pentingnya mengikuti pelatihan ekspor untuk pengusaha mikro hingga makro. Apalagi yang baru belajar bisnis penting untuk menambah wawasan dalam perdagangan internasional. Belajar dengan ahlinya akan membantu pemasaran barang usaha.

1. Belajar Aturan Ekspor


Perdagangan internasional dengan dalam negeri memiliki aturan yang sangat berbeda. Sehingga perlu memahami aturan-aturan yang berlaku agar tidak salah pengambilan keputusan.

2. Lebih Paham Pelunasan dan Pembelian


Penting untuk mengetahui bagaimana pelunasan dan pembelian barang dari luar negeri. Agar kegiatan ekspor berjalan lancar tidak terkendala kebingungan dalam pembayaran.

3. Belajar pada Ahlinya


Berbeda dengan belajar otodidak yang tidak tahu harus bertanya kepada siapa. Dengan adanya pelatihan ekspor bisa berdiskusi jika ada hal-hal di luar kendali. Jadi lebih terarah dan bisa segera mendapatkan solusi.

4. Untuk Mengembangkan Bisnis


Bagi yang baru memiliki bisnis, bisa digali potensinya agar bisa menjadi bisnis skala internasional. Bahkan banyak pebisnis Indonesia yang lebih terkenal di luar negeri daripada di negeri sendiri. Karena bisa membidik apa yang dimau oleh pasar internasional.

Agar bisa belajar ekspor lebih mendalam sekarang ini sudah ada pelatihan yang mengkhususkan tentang ekspor secara online. Kelas ekspor yang bisa dilakukan dimana saja tanpa harus keluar rumah.

Salah satu pelatihan yang handal dalam bidang ekspor adalah Sekolahexport.com. Lembaga pelatihan ekspor yang bertujuan untuk menghasilkan eksportir di Indonesia. Sekolahexport.com membantu para pengusaha UMKM atau Usaha Besar untuk mengembangkan usahanya menjadi eksportir.

Materi yang akan didapatkan di pelatihan ini yaitu cara mencari buyer, google ads untuk ekspor, sistem pembayaran ekspor, dokumen ekspor, menentukan harga ekspor, logistik ekspor, dan promosi produk ekspor.

Yang bisa mengakses pelatihan ekspor bisa siapa saja dari pengusaha, umum, mahasiswa, maupun pelajar. Untuk kelas ekspor ada yang online dan offline disesuaikan dengan kebutuhannya. Harapannya dengan mengikuti pelatihan ini akan muncul eksportir handal Indonesia. 

Diakhir kelas peserta akan diberikan sertifikat telah mengikuti pelatihan ekspor. Untuk mendaftar kelasnya bisa hubungi admin dengan nomor 0821-2318-0389.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster