5 Cara Software Penggajian Menghemat Waktu Anda

Penggajian adalah fungsi akuntansi dasar di perusahaan manapun karena berkaitan dengan aspek keuangan dan gaji karyawan. Pemimpin HR dan bisnis sepenuhnya menyadari betapa rumitnya pemrosesan gaji untuk bisnis apa pun.

Hal ini termasuk kompensasi, gaji, pemotongan, dan banyak lagi yang harus dihitung secara akurat sambil tetap mematuhi undang-undang perpajakan.

Anda harus meluangkan banyak tenaga dan waktu untuk mengikuti langkah-langkah penting, seperti mengecek ulang, memasukkan data karyawan, dan mendistribusikan potongan gaji yang memakan banyak waktu berharga Anda.

5 Cara Software Penggajian Menghemat Waktu Anda

Untungnya, aplikasi penggajian online modern dapat mengelola semua tugas yang tadi dalam sekejap. Meskipun penggajian secara tradisional merupakan pekerjaan akuntansi, dengan munculnya software, fungsi-fungsi ini dapat dengan mudah dilakukan oleh para profesional HR.

Sistem manajemen penggajian yang efisien menjaga database karyawan secara lengkap, memberikan wawasan terperinci, dan memberikan informasi yang akurat kapanpun diperlukan.

Meningkatkan pemrosesan penggajian melalui sistem software yang canggih tidak hanya meningkatkan semangat kerja karyawan tetapi juga menghemat banyak waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penghitungan yang panjang.

Untuk semua perusahaan kecil, menengah, dan besar dengan pemrosesan penggajian yang memakan waktu, berikut daftar 5 cara bagaimana payroll software otomatis menghemat waktu.

1. Melacak Jam Kerja Karyawan secara Otomatis


Bagian tersulit dari pemrosesan penggajian adalah melacak waktu dan kehadiran karyawan untuk menghitung gaji yang akurat. Mengumpulkan semua data yang berkaitan dengan waktu istirahat, waktu check-in dan check-out mereka.

Anda harus mengumpulkan informasi dari berbagai departemen, manajer, dan dalam format yang berbeda. Tentu saja, menggunakan spreadsheet cukup memakan waktu dan Anda memerlukan sistem otomatis untuk menyelesaikan tugas ini.

Oleh karena itu, hadirlah sistem software penggajian yang menjawab tantangan ini dengan menyederhanakan pelacakan waktu dan kehadiran karyawan.

Tentu hal ini membuat pemantauan jam kerja karyawan tak lagi merepotkan dan mengurangi kesalahan dalam pengkodean, pelacakan buku besar, perhitungan, dan komunikasi.

Software dapat melacak waktu check-in dan check-out, waktu istirahat, cuti, dll., untuk pemrosesan penggajian yang benar dan tepat waktu. Sistem memperbarui dan mengedit informasi tanpa campur tangan manusia sehingga semua fungsi didasarkan pada informasi.

Tentu software menjamin keamanan maksimal. Anda tidak lagi harus menyimpan informasi di banyak lokasi dan memiliki akses yang mudah kapan saja.

2. Mengurangi Kesalahan


Pemrosesan manual membutuhkan waktu lebih dari seminggu dan tanpa jaminan keakuratan. Selalu ada kemungkinan kesalahan saat melakukan penghitungan manual.

Mengidentifikasi kesalahan ini dan memperbaikinya akan memakan waktu seminggu lagi atau lebih dan pada saat Anda menyelesaikannya, Anda harus bersiap lagi untuk pemrosesan penggajian untuk bulan berikutnya.

Oleh karena itu, masuk akal untuk berinvestasi dalam sistem penggajian yang andal dan menghilangkan kemungkinan kesalahan. Yakinlah bahwa Anda akan menghemat banyak waktu dan energi yang dibutuhkan untuk menghitung potongan. Secara tidak langsung, hal ini secara drastis mengurangi jumlah waktu untuk memperbaiki kesalahan.

Selangkah lebih maju, software mengotomatiskan absensi karyawan sehingga ketika mereka masuk dan keluar menggunakan software, tak ada lagi kebingungan atau perbedaan tentang total jam kerja dari masing-masing karyawan.

Software mengumpulkan dan mengevaluasi data, menyesuaikan tingkat gaji, kehadiran, dan faktor lainnya, dan mengubah data menjadi penggajian. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan informasi dan jam kerja karyawan, dan sistem akan mengurus sisanya.

3. Memberi Laporan secara Real-Time


Tidak peduli seberapa terorganisir pemrosesan penggajian manual Anda, spreadsheet dan file dapat menjadi berantakan dan memakan waktu. Namun, dengan otomatisasi penggajian berbasis cloud, semua dokumen dan catatan disimpan di satu tempat.

Anda dapat mengakses laporan dan informasi dari jarak jauh melalui laptop, smartphone, atau desktop manapun dengan software yang terpasang. Sistem menyiapkan laporan tahunan dan bulanan dalam waktu singkat dan membagikannya dengan semua orang yang berwenang untuk analisis yang lebih baik. Pelaporan penggajian yang dapat dicari dan dilihat kapan saja.

Pelaporan yang cepat dan akurat merupakan keuntungan besar bagi karyawan dan pemberi kerja yang menginginkan akses mudah ke informasi secara instan. Juga, ini membantu kepatuhan hukum saat membuat laporan. Banyak bisnis diharuskan menyimpan laporan penggajian terperinci selama kira-kira empat tahun dan tiga tahun berdasarkan industri dan lokasi.

Daripada membuang-buang waktu untuk mengajukan laporan secara manual, perusahaan dapat beralih ke layanan penggajian online dan menjaga semuanya tetap rapi tanpa banyak usaha dari manajer SDM.

4. Mengotomatisasi Proses Penggajian


Solusi software penggajian berbasis cloud juga mengotomatiskan aspek lain dari pemrosesan penggajian, menghemat waktu. Software dapat menangani semua penghitungan, pengarsipan pajak, pengumpulan data, pembayaran komisi & bonus, pengaturan setoran langsung, dan banyak lagi untuk Anda.

Setiap tugas adalah komunikasi antara karyawan dan departemen penggajian tanpa sistem manual. Hal ini termasuk juga mengotomatiskan prosedur lain, seperti waktu dan kehadiran, administrasi tunjangan, dll.

Software penggajian juga menawarkan validasi data otomatis sehingga administrator tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk memeriksa data dan spreadsheet satu sama lain untuk memverifikasi informasi. Pilih sistem penggajian yang disesuaikan untuk melakukan pemeriksaan validasi sesuai kebutuhan Anda.

5. Mematuhi Aturan yang Berlaku


Setiap tahun, pemerintah dan badan pengatur lainnya mengeluarkan jutaan denda terkait pajak ketenagakerjaan. Berkat software penggajian, Anda dapat mengetahui informasi perpajakan terbaru.

Undang-undang memang selalu berubah, dan mengikuti perubahan dapat menjadi hal yang menakutkan bagi pemberi kerja. Akan tetapi, sistem manajemen penggajian memperbarui semua aturan dan regulasi secara otomatis.

Waktu adalah uang dan untuk bisnis yang berjalan pada jadwal yang padat, waktu lebih berharga daripada kebanyakan sumber daya.

Software penggajian otomatis menghemat banyak aset berharga ini dengan menangani sebagian besar fungsi penggajian. Ya, ada beberapa biaya tambahan yang terkait dengan otomatisasi tetapi sistem ini bernilai setiap sen dan Anda akan mendapat ROI dalam waktu singkat.

Ingin gunakan software penggajian? Coba Talenta sekarang! Tak perlu khawatir, Talenta memberi Anda masa demo atau uji coba gratis. Kunjungi website Talenta untuk informasi lebih lanjut.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster