Cara Memilih Web Hosting Berkualitas

Dalam pembuatan website, hosting merupakan bagian terpenting yang harus Anda siapkan. Disinilah semua data pada website Anda akan disimpan, mulai dari sistem oprasi, CMS, script maupun aplikasi akan diupload untuk ditampilkan di website Anda. 

Hosting juga berpengaruh besar terhadap kulaitas website yang akan Anda buat nantinya. Karena ini juga akan mempengaruhi kinerja dan kecepatan akse dari website tersebut.

Saat ini sangat banyak perusahaan penyedia web hosting yang dapat Anda pilih, mulai dari yang lokal hingga hosting luar negri. Tentunya masih-masing perusahaan tersebut memiliki kualitas hosting yang berbeda-beda pula, tidak semuanya memiliki kualitas yang baik.

Bagaimana Memilih Hosting yang Tepat?


Bagaimana Memilih Hosting yang Tepat?

Masing-masih provider tentu memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri. Bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan web hosting yang akan digunakan nantinya, berikut ada beberapa saran yang bisa Anda ikuti sebelum memilih web hosting yang berkualitas.

1. Jaminan Uptime dan Profesional


Pastikan hosting yang akan kamu pilih memberikan jaminan uptime atau selalu bisa diakses dalam kondisi apapun. Jangan sampai ketika pengunjung sedang membuka website kita, tiba-tiba website tersebut tidak bisa diakses/offline.

Jaminan selalu online ini sangat penting, pastikan ini menjadi prioritas utama kamu meski harus menyiapkan budget lebih.

Selain itu pilihlah provider hosting yang profesional baik dari fitur maupun pelayanannya. Untuk melihat tingkat profesionalnya dapat diketahui dengan ketersdian adata center yang mereka miliki. Pada data center, disinilah provider mengatur koneksi, power backup serta memiliki layanan purna jual yang bagus.

2. Customer Service Cepat dan Handal


Dikutip dari beritawarganet.com bahwa pada umumnya setiap penyedia hosting menyediakan layanan pengaduan atau customer service. Pastikan mereka cepat tanggap dalam menangani permasalahan Anda, dan kalau bisa pilihlah yang menyediakan layanan konsumen 24 jam. Supaya kapanpun web kamu bermasalah langsung bisa ditangani secepat mungkin.

3. Memiliki Panel Kontrol


Meskipun hampir semua penyedia hosting telah memiliki panel kontrol untuk memduahkan pelanggan dalam mengatur hosting yang mereka miliki. Salah satu panel yang sangat umum digunakan adalah CPanel, namun ada juga beberapa hosting yang menggunakan panel buatan mereka sendiri.

Setidaknya panel tersebut memiliki fungsi:

  • Upload, edit, atau menghapus file
  • Membuat, mengedit, atau menghapus folder
  • Mengatur email account
  • Membuat, mengedit, dan menghapus subdomain.
  • Melihat tampilan statistic situs web anda.

4. Memiliki Kapasitas Memadai


Memilih web hosting sama seperti memilih sebuah PC, dimana kita bisa melihat berapa kapasitas RAM, Besaran memori yang diberikan dll. Sesuaikan kapasitas yang ingin dibeli dengan kebutuhan website yang akan dibuat nantinya.

Beberapa penyedia hosting telah memberikan paket-paket dengan kapasitas tertentu yang dapat kita pilih. Beberapa lainnya bahkan memberikan keleluasan bagi pelanggan mereka dalam menentukan kapasitas yang mereka inginkan.

5. Memiliki Akses Traffic Log


Traffic log ini akan mencatat semua pengunjung yang datang ke website kita. Didalamnya biasanya terdapat data berupa search engine yang mereka gunakan, keyword yang mereka ketikan, berapa lama waktu kunjungan hingga halaman apa saja yang dibuka.

Namun ini bisa menjadi pilihan opsional saja, karena saat ini telah banyak penyedia traffic log yang juga cukup baik dalam menyajikan data. Salah satu yang paling komplit adalah Google Analytics, disini semua data yang kamu butuhkan telah tersedia dan bahkan kamu bisa mengintregrasikannya dengan berbagai aplikasi.

Semoga informasi tersebut berguna bagi kamu yang sedang bingung dalam memilih web hosting.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster