5 Tarian Bali yang Terkenal Hingga ke Dunia Internasional

Tarian Bali - Bali merupakan destinasi wisata favorit bagi masyarakat tak hanya wisatawan lokal namun juga wisatawan asing. Bali merupakan sebuah pulau yang terletak di bagian tengah Indonesia berdekatan dengan pulau Jawa dan pulau Nusa Tenggara.

Adapun daya tarik dari pulau Bali adalah pantai dan gunungnya yang indah. Selain itu, budaya masyarakat dan tradisi masih sangat kental sehingga menjadikan Bali sebagai tempat yang menarik.

Tak berhenti di situ, kekayaan kuliner dan kesenian Bali juga sangat populer. Bahkan tarian Bali kerap dipertunjukan sebagai destinasi wisata bagi turis.

5 Tarian Bali Terkenal di Mancanegara

Tarian Bali Terkenal di Mancanegara

Tarian Bali yang sangat terkenal adalah tari Pendet. Namun ternyata, masih banyak tarian tradisional dari Bali yang tak kalah menarik. Ketika Anda berwisata ke Bali maka jangan sampai terlewat untuk menyaksikan tarian ini ya !

1. Tari Trunajaya


Tari Trunajaya diambil dari kata Teruna yang berarti pemuda. Tarian ini menceritakan laki-laki yang mengidamkan seorang wanita. Dalam pertunjukannya, sang penari selalu membelalakan matanya yang menandakan kejantanan seorang laki-laki.

Biasa diiringi oleh gamelan Gong Kebyar dan dapat dipentaskan di mana saja terlebih untuk acara hiburan. Pada awalnya tarian ini hanya dilakukan oleh laki-laki namun seiring berjalannya waktu, wanita pun diperbolehkan untuk menarikan tarian ini.

2. Tari Legong


Pada zaman kerajaan Bali, tari Legong hanya dipertunjukan di lingkungan keraton. Dewasa kini para turis pun bisa menyaksikan tari Legong secara bebas. Berasal dari kata LEG yang berarti luwes serta GONG yang diartikan sebagai gamelan.

Itulah mengapa tari Bali satu ini memiliki gerakan yang luwes dan lemah gemulai dengan diiringi musik gamelan tradisional khas Bali yakni Semar Pegulingan.

3. Tari Barong


Siapa yang sudah pernah mendengar nama tari Barong? Kata barong sendiri diambil dari kata bahruang yang berarti beruang. Meskipun begitu, bentuk dari barongan tersebut tidak hanya beruang namun bisa juga berwujud gajah, singa, dan lain sebagainya.

Biasanya dimainkan oleh dua orang dimana yang satu memainkan bagian kepala dan satu lagi memainkan bagian ekor.

Berbeda dengan tarian Bali lainnya yang lemah gemulai, tari Barong cukup berbeda karena bentuk barongnya tersebut yang memberi kesan menyeramkan.

4. Tari Kecak


Tari Kecak juga tak kalah populer dari tarian Bali lainnya. Kerap menjadi destinasi wisata yang diburu turis, tari Kecak sangat populer. Diciptakan oleh Wayan Limbak dan Walter Spies pada tahun 1930. 

Tarian ini mengkisahkan tentang Ramayana itulah mengapa penarinya adalah laki-laki. Jumlah penari tari Kecak bisa sampai puluhan orang.

Gerakan tari Kecak adalah mengangkat kedua tangan ke udara disertai dengan mengucapkan kata “cak” berulang ulang dengan nada berbeda. Memerankan tokoh perwayangan, tari Kecak memiliki karakter Ramayana, Rama, Rahwana dan lain sebagainya.

Tak salah jika tari Kecak menjadi kegemaran turis karena unsur magisnya yang kental.

5. Tari Pendet


Tari Pendet dahulu ditampilkan sebagai tarian pemujaan di pura-pura Bali. Namun sekarang, tari Pendet dipertontonkan sebagai tarian selamat datang dimana para wisatawan dan masyarakat umum bisa menyaksikannya. Tari Pendet sempat menarik perhatian dunia ketika dipertontonkan saat opening Asian Games 2018 di Jakarta.

Selain tarian di atas, tentu masih banyak sekali tarian tradisional Bali yang harus Anda saksikan ketika berwisata ke pulau Dewata. Terlebih tiap tarian memiliki makna dan cerita yang berbeda-beda. Tak perlu khawatir ketinggalan saat menyaksikan pertunjukannya, karena sekarang banyak agen wisata yang siap mengatur jadwal Anda untuk menonton semua pertunjukan tari di Bali.

Namun jika Anda masih berencana untuk berwisata ke Bali ada baiknya perbanyak referensi tentang wisata, budaya serta tradisi di Bali dengan banyak membaca literatur. Anda bisa membacanya lewat buku ataupun website yang kini banyak memuat artikel tentang budaya di Bali.

Super Adventure merupakan sebuah website yang banyak memuat artikel tentang budaya dan destinasi wisata di Bali. Anda dapat mengunjunginya di superadventure.co.id. Di sana Anda bisa mendapatkan artikel tentang wisata, budaya, serta tradisi Indonesia termasuk Bali yang sangat kaya.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster