Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Pelajar Indonesia

Niagawebster.com – Semenjak sekolah diliburkan dalam rangka memutus penyebaran mata rantai corona atau Covid 19. Ada hal baru yang berubah didalam dunia pendidikan. Terutama proses belajar dan mengajar.

Kini sekolah yang awalnya sekali dilaksanakan dengan selalu tatap muka, berupah drastis menjadi belajar online. Tentu saja perubahan besar membuat anak-anak sekarang sudah mulai terbiasa menggunakan internet untuk belajar.

Bagi kamu yang ingin mengikuti kelas tambahan diluar jam sekolah, kamu dapat menggunakan beberapa aplikasi yang memberikan fasilitas belajar gratis dalam rangka membantu memudahkan program pemerintah.
 

7 Aplikasi Belajar Online Gratis Paling Mudah Di Gunakan




1. Aplikasi Belajar Online Gratis Ruangguru


Ruangguru telah memulai program sekolah online gratis mulai Senin 16 Maret 2020. Untuk jam belajar sendiri dimulai sekitar pukul 08.00-12.00 WIB mengikuti jadwal sekolah.

Pada aplikasi ini semua kelas dan mata pelajaran dapat telah tersedia untuk semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti sekolah. Materi yang digunakan di ambil dari mata pelajaran inti dipadu dengan kurikulum nasional dan diawasi oleh guru dari ruang guru.

Program ini dapat kamu manfaatkan untuk belajar secara paralel satu arah dengan mengakses bebrapa materi dalam bentuk video sesuai dengan mata pelajaran. Untuk menguji penguasaan terhadap materi terlah disediakan fitur bank soal dan try out secara gratis.

Untuk menggunakan semua fasilitas ini, silahkan install terlebih dahulu aplikasi RuangGuru lewat Playstore. Baru-baru ini ruang guru bekerjasama dengan Telkomsel membagikan kuota internet gratis sebanyak 30 GB khusus untuk mengakses materi pelajaran selama satu bulan penuh.

2. Aplikasi Belajar Online Gratis Zenius


Aplikasi kedua yang harus kamu coba adalah Zenius. Zenius juga menyediakan layanan belajar gratis untuk persiapan Ujian Nasional.

Pengguna aplikasi Zenius dapat menonto puluhan ribu video materi belajar paling lengkap untuk semua jenjang sekolah terdiri dari SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, kurikulum tahun 2013, dan kurikulum tahun 2013 revisi.

Aplikasi Zenius bisa diinstall lewat Play Store maupun App Store bagi pengguna iPhone. Selain diakses secara gratis, mayoritas video pembelajaran juga disajikan dalam format whiteboard sehingga dapat menghemat kuota kamu.

3. Aplikasi Belajar Online Gratis Google: Google Suite for Education


Tidak mau kalah dengan dua aplikasi diatas. Google Suite for Education juga hampir sama telah menyediakan fitur-fitur untuk membantu siswa dan guru melakukan aktivitas belajar mengajar secara online.

Salah satu fitur yang uangulanya adalah Classroom. Guru diberikan akses untuk membuat sebuah “kelas”, lalu diikuti oleh siswa-siswanya. Dalam fitur “kelas” tersebut guru bisa memulai melakukan percakapan, lalu memberikan tugas sekaligus memberikan penilaian.

4. Aplikasi Belajar Online Gratis Microsoft: Office 365 for Education


Office 365 Education mencakup beberapa aplikasi pendukung seperti Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Microsoft Teams, plus beberapa alat yang dibutuhan oleh ruang kelas lainnya. 

Dengan layanan ini, guru dan murid mampu menciptakan ruang kelas yang terus menerus terkoneksi secara online.

Layanan ini dapat digunakan secara gratis, cukup dengan memasukkan alamat email sekolah yang valid atau sah pada halaman Microsoft Indonesia.

5. Aplikasi Belajar Online Gratis Quipper School


Quipper School termasuk platform sekolah digital tanpa biaya alias gratis. Melalui media ini, guru dapat mengirim dan mengatur materi pembelajaran, jadwal ujian, serta nilai siswa secara online. Sedangkan siswa dapat mengerjakan PR(pekerjaan rumah) dan ujian secara online.

Quicker School menggunakan sebuah teknologi manajemen kelas digital (Learning Management System/LMS). Ini adalah fitur salah satu fitur yang sangat bermanfaat bagi guru dan murid.

6. Aplikasi Belajar Online Gratis Sekolahmu


Sekolahmu adalah penyedia beragam materi pelajaran yang dapat diakses melalui aplikasi maupun situs resminya miliknya. Materi pelajaran telah disusun dengan bantuan beberapa instansi pendidikan, seperti Sekolah Lazuardi, lalu sekolah Cikal, dan Yayasan Diponegoro.

Sampai saat ini, Sekolahmu tengah membuka semua materi pelajarannya secara gratis seiring kebijakan pemerintah untuk belajar online dari rumah di tengah wabah corona. Saat mengakses situs dari Sekolahmu, kamu dapat membuka menu sekolah online gratis dengan format live streaming melalui Youtube, dipandu guru dari berbagai sekolah.

7. Aplikasi Belajar Online Gratis Kelas Pintar


Kelas Pintar telah memberi akses gratis selama sebulan yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa di seluruh sekolah yang ada di Indonesia. Kelas pintar menyediakan banyak materi pelajaran untuk para siswa.

Kelas Pintar telah menyediakan sebuah fitur yang disebut assessment. Dengan fitur ini yang guru dapat berinteraksi dengan murid secara online. Kemudian ada juga fitur Tanya. Dnegan fitur ini siswa dapat bertanya kepada guru lewat online terkait mata pelajaran dan soal yang belum dipahami.

Demikianlah pembahasan terkait Aplikasi Belajar Online Gratis Yang Harus kamu Coba. Semoga dengan banyaknya media dan aplikasi gratis ini tidak kalah bagus dari sekolah offline pada umumnya. Semoga pandemi segera berlalu agar aktivitas sekolah bisa berjalan normal kembali. Bagikan artikel ini ke teman dan kerabat dekatmu.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster