Apa itu AC Inverter : Keunggulan dan Perbedaan dengan AC Low Watt

Apa itu AC inverter? AC inverter adalah penyejuk udara di dalam ruangan yang menggunakan teknologi inverter dan mengandalkan arus listrik searah (DC) untuk beroperasi secara optimal.

AC inverter bisa dikatakan lebih canggih dibandingkan dengan AC non inverter atau AC Low Watt karena teknologinya sudah dilengkapi dengan fitur-fitur pintar.

Keunggulan AC inverter


AC inverter lebih unggul dibandingkan dengan AC low watt. Keunggulan AC inverter yaitu :

  1. Lebih hemat listrik dan hemat energi karena menggunakan arus DC dalam pengoperasiannya.
  2. Mampu menjaga suhu ruangan tetap stabil karena menyala otomatis pada suhu yang diinginkan.
  3. Tidak berisik karena kerja kompresornya halus dan konstan, sehingga tidak mengeluarkan suara yang mengganggu selama AC inverter bekerja.
  4. Ramah Lingkungan karena Freon yang digunakan yaitu Freon R32 yang friendly ozone atau tidak merusak ozon. Jenis Freon ini termasuk bahan non CFC yang dianjurkan pemerintah saat ini karena aman bagi kesehatan keluarga.

Apa Beda AC Inverter dan Non Inverter


Apa itu AC Inverter : Keunggulan dan Perbedaan dengan AC Low Watt

Jika ditanya apa beda ac inverter dan non inverter. Jawabannya adalah banyak. Perbedaan keduanya yaitu :

1. Cara kerja AC Inverter Lebih Menguntungkan


Cara kerja AC inverter adalah dengan mengubah arus listrik AC menjadi arus listrik DC. Siklus ini menyebabkan konsumsi daya listrik lebih rendah sehingga lebih hemat listrik.

Sementara itu AC non inverter bekerja secara on off dengan memanfaatkan arus listrik AC saja. Siklus ini membuat AC berhenti bekerja ketika suhu yang diinginkan sudah tercapai, lalu menyala kembali ketika suhu diturunkan atau dinaikkan.

Inilah yang menyebabkan penggunaan listrik pada AC non inverter tinggi, karena daya listrik diperlukan setiap kali kompresor menyala. Jadi lebih boros.

2. Daya Listrik Lebih Hemat


AC inverter memerlukan daya 900 watt dalam keadaan normal. Namun saat dinyalakan, AC inverter hanya menyerap 75 watt saja. Sedangkan saat suhu sudah stabil, AC inverter hanya memakai 300 watt saja. Sementara AC non inverter dapat mengkonsumsi daya listrik yang lebih tinggi dari itu.

3. AC inverter Lebih Tahan Lama


Putaran per menit atau RPM kompresor pada AC inverter akan berkurang setiap kali AC inverter dinyalakan.

Kecepatan bekerja kompresor juga terkendali dengan baik akibat teknologi inverter yang digunakan, sehingga kompresor tidak mendapatkan tekanan yang berlebihan saat bekerja. Keadaan ini tentu saja membuat AC inverter lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

Berbeda dengan AC non inverter yang menggunakan sistem on off untuk menyalakan AC. Sistem ini memerlukan daya dan tenaga yang lebih tinggi, sehingga kompresor bekerja lebih keras. Akibatnya kemungkinan terjadi kerusakan pun jadi lebih tinggi.

4. Perawatan AC inverter dan Non Inverter


Perawatan AC inverter memerlukan perhatian lebih besar karena penggunaan Freon di dalamnya. Usahakan cuci ac inverter setiap 3 sampai 4 bulan sekali untuk memeriksa bagian Freon secara berkala. Terutama pada bagian filter, evaporator dan kipas AC.

Jika terjadi kebocoran atau Freon habis, segera hubungi tenaga profesional untuk penanganan yang lebih baik. AC non inverter tidak menggunakan Freon yang ramah lingkungan.

5. Harga AC inverter Lebih Bersaing


Harga AC inverter memang lebih tinggi dibandingkan AC non inverter. Namun harganya sebanding dengan keunggulan yang diberikan yaitu sebagai pendingin ruangan yang sehat dan hemat.

Rekomendasi terbaik untuk keluarga Anda yaitu AC AQA – KCR5AHQ dari AQUA Elektronik. Desainnya menawan dengan fitur turbo cooling yang kekinian.

AC dari AQUA Elektronik memberikan kesejukan dalam waktu kurang dari 5 menit saja. Bahannya dibuat dari tembaga murni yang dilapisi oleh bluefin yang anti karat. Kompresornya juga bekerja dengan cepat dan optimal pada tegangan listrik 160-242 volt, sehingga membuat ruangan nyaman dalam waktu yang singkat. Tidak berisik dan dingin.

Jadi jika ditanya apa itu AC inverter. Jawabannya adalah pilihan AC terbaik untuk kesehatan keluarga. Yuk segera kunjungi official store AQUA untuk mendapatkan produk impian.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster