5 Cara Menghilangkan Noda di Tembok Dapur

Dapur merupakan bagian dari rumah yang mudah kotor karena sering digunakan untuk memasak, cuci piring, dan kegiatan lainnya yang dapat memercikkan noda. Namun dapur sekaligus menjadi ruangan yang perlu terjaga kebersihannya sehingga Anda harus tahu cara membersihkan dapur kotor.

Dinding dapur sangat mudah terkena percikkan noda seperti minyak hingga tumpahan bahan makanan. Untuk mencegah kotoran menempel di tembok dapur, ada baiknya Anda melapisi tembok dapur dengan keramik. Cara ini juga bisa menambah nilai estetika dapur Anda.

Cara Menghilangkan Noda di Tembok Dapur

Apabila terdapat noda membandel yang sulit dibersihkan pada tembok dapur, terdapat beberapa cara menghilangkan noda di tembok dapur. Simak tips mudah berikut ini.

1. Cairan Pembersih


Cara membersihkan dapur yang kotor dapat dilakukan dengan mudah dengan cairan pembersih khusus dapur yang dapat Anda beli di pasaran. Biasanya Anda hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih pada bagian bernoda, kemudian lap hingga noda menghilang.

2. Sabun Cuci Piring


Apabila Anda kehabisan cairan pembersih atau tidak sempat membelinya, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring sebagai alternatif cara membersihkan dinding yang kotor.

Anda bisa mencampur sabun cuci piring dengan sedikit air kemudian gunakan campuran air dan sabun tersebut untuk membersihkan noda pada dinding dengan lap atau spons.

3. Manfaatkan Garam atau Tepung Terigu


Beberapa noda minyak cukup sulit untuk dihilangkan. Cara membersihkan tembok yang kotor akibat minyak membandel ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan taburan garam atau tepung terigu.

Cara menghilangkan noda di tembok karena minyak ini sangat mudah, taburkan garam atau tepung terigu pada titik noda minyak dan diamkan beberapa saat. Kemudian bersihkan dengan kain atau tisu dan bersihkan Kembali dengan cairan pembersih.

4. Gunakan Baking Soda


Tahukah Anda bahwa baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan noda? Cara menghilangkan noda di dinding dapur adalah dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi adonan pasta, kemudian usapkan pada bagian dinding yang bernoda.

Setelah campuran baking soda tersebut didiamkan beberapa menit, usap dan bersihkan dengan kain atau spons.

5. Sering membersihkan Area Dapur


Selain beberapa cara membersihkan noda di tembok dapur yang telah dijelaskan sebelumnya, cara membersihkan dapur kotor paling mudah adalah dengan selalu menjaga kebersihan area dapur seperti:

  • Lap dinding dapur secara rutin, terutama setelah terkena cipratan minyak atau tumpahan bumbu dan noda lainnya, serta mencegah tumbuhnya jamur dan lumut.
  • Pel lantai dapur sesering mungkin, terutama setelah memasak atau menggoreng. Terkadang cipratan minyak tidak terlihat pada lantai, jika dibiarkan terlalu lama akan sulit dibersihkan.
  • Gunakan keramik yang cocok untuk dinding dan lantai dapur.

Banyak cara membersihkan tembok kotor pada dapur Anda, namun cara paling baik adalah dengan mencegah kotoran menempel hingga sulit dibersihkan, yaitu dengan memasang keramik yang tepat. Misalnya dengan menggunakan keramik Bellerose Blue berwarna gelap dan motif dominan dari Mulia Ceramics.

Jika Anda ingin menggunakan warna cerah seperti warna cream, Anda bisa mencoba keramik Genova Crema dari Mulia Ceramics dengan lapisan kilap atau glossy pada keramik yang dapat memudahkan Anda untuk membersihkan noda yang menempel.

Anda bisa padu-padankan dengan desain interior dapur dan keramik yang digunakan untuk lantai. Mulia Ceramics menyediakan berbagai pilihan keramik untuk beragam kebutuhan ruangan. Dengan keramik dari Mulia Ceramics, Anda tidak perlu pusing lagi mencari cara menghilangkan noda di tembok dapur.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster