Perkembangan Mesin Kasir (Lengkap)

Mesin kasir merupakan komponen penting dalam pengelolaan bisnis penjualan. Dari waktu ke waktu mesin kasir terus mengalami perubahan, contohnya saja saat ini Anda bisa menemukan mesin kasir android.

Sebetulnya bagaimana dengan awal mula atau sejarahnya ini? daripada penasaran, simak ulasannya di sini.

Sejarah Mesin Kasir


Pertama kalinya mesin kasir ditemukan pada tahun 1878 oleh James Jacob Ritty. Penemuan mesin kasir ini dilakukan dengan tujuan untuk menghentikan penggelapan atau kerugian oleh para karyawan yang seringkali mencari keuntungan.

Nama mesin kasir untuk pertama kalinya disebut dengan kasir Antikorupsi Ritty, karena tadi penemuan mesin kasir ini ditujukan untuk menghentikan pencurian karyawan.

Awalnya, mesin kasir ini memiliki keseluruhan mekanisme tanpa adanya tanda terima. Setiap kali kegiatan transaksi karyawan akan menelepon manager untuk memberi tahu tentang penjualan yang sedang berlangsung.

Mesin kasir ini hanya sebatas sebagai mesin penambah sederhana layaknya kalkulator dan bel. Selanjutnya Charles F Kettering melakukan penemuan dan merancang mesin kasir dengan motor listrik di tahun 1906.

Lalu di tahun 1950 hingga 1970 an dilanjutkan oleh perancangan, pengembangan dan penjualan mesin kasir terkemuka yang bernama Gross Cash Register Ltd yang ada di London dan kemudian berdiri di Brighton oleh Saudara Sam dan Henry Gross.

Mesin kasir Gross Cash Register Ltd ini mulai populer di masa desimalisasi di Inggris tepatnya di tahun 1971-an.

Dengan adanya perkembangan mesin kasir di berbagai wilayah hukum negara seperti Amerika dan Inggris, maka undang-undang mulai mewajibkan pelanggan untuk mengumpulkan tanda terima atau setidaknya menyimpannya dengan sementara waktu setelah berbelanja.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar toko tidak dapat menghindari pajak penjualan. Memasuki era komputer, mesin kasir mulai bertransformasi menjadi sistem POS—Point of Sale yang diluncurkan pertama kalinya di tahun 1973 oleh IBM, yang kemudian Gene Moshel (1985) mengenalkan POS berbasis layar sentuh berwarna untuk pertama kali.

Lalu di Tahun 90-an sistem POS mulai menggunakan sistem komputasi berbasis internet dan di tahun 2000-an hingga kini mesin kasir POS disederhanakan.

Jenis-Jenis Mesin Kasir


Jenis-Jenis Mesin Kasir

Anda pun perlu tahu apa saja jenis mesin kasir yang bisa Anda temukan dan gunakan untuk kebutuhan bisnis toko Anda. Berikut ini beberapa jenis mesin kasir yang perlu Anda ketahui:

Electronic Cash Register


Electronic Cash Register atau disingkat ECR, mesin kasir ini termasuk jenis offline. Umumnya mesin kasir ECR bisa Anda temukan di restoran atau toko-toko kecil dan dengan dilengkapi laci uang. Laci uang ini hanya terbuka jika ada transaksi penjualan sudah diterima oleh kasir.

ECR termasuk pada Jenis mesin kasir stand-alone yang memang paling umum dan banyak ditemukan di tempat-tempat resto ataupun toko.

Dengan mode ECR yang klasik ini, mengharuskan kasir untuk memasukan jumlah penjualan dengan secara manual menggunakan keyboard yang ada pada mesin tersebut.

Seiring perkembangan teknologi yang lebih canggih, kini ECR klasik digantikan oleh ECR modern. Dengan mode ECR moder, kasir hanya perlu melakukan pindai kode batang yang ada produk dan total penjualannya pun dapat diperbarui dengan secara otomatis.

Menarik bukan? Meskipun ECR klasik berubah menjadi modern, fiturnya tetap tidak berubah pada sesuai standarisasinya, yakni dapat mencetak struk.

Printer ECR dapat digunakan juga untuk melakukan cetak salinan kwitansi penjual dengan otomatis sebagai bukti pembukuan.

POS


POS—Point of Sale merupakan mesin kasir atau tempat pembayaran para pelanggan dalam membeli produk.

Umumnya, POS berupa mesin kasir android atau smartphone, tablet, mesin ED ataupun perangkat lainnya yang digunakan sebagai kegiatan transaksi di toko tersebut.

Bisa dikatakan POS merupakan cash register dengan versi yang lebih kompleks dibandingkan ERC. Keduanya memang termasuk pada mesin kasir yang berdiri sendiri, tetapi berbeda dengan sistem POS.

Sistem POS terkomputerisasi dengan menggunakan aplikasi atau software yang dapat memungkinkan pengusaha untuk Menyimpan catatan informasi penjualan, pelanggan, daftar inventaris maupun data lainnya.

Sistem mesin kasir POS memiliki catatan yang lebih rinci dan akurat, bahkan mesin POS ini dapat membaca perilaku pembelian. Hal ini dapat digunakan oleh para pengusaha yang ingin menawarkan penawaran khusus yang bersifat relevan.

MPOS


Dengan perkembangannya POS memiliki inovasi baru dengan nama mPOS. mPOS—Mobile Point Of Sale adalah teknologi pada sebuah smartphone ataupun perangkat portable lain yang memiliki fungsi dan peran sebagai mesin kasir untuk transaksi pembayaran. 

mPOS dapat bekerja pada sistem Windows, iOs dan Android atau disebut juga sebagai mesin kasir Android.

Cloud Pos sama merupakan bagian dari mPOS, tetapi mesin kasir ini telah dibekali dengan menggunakan teknologi Cloud. Mesin kasir jenis ini sangat cocok digunakan untuk bisnis kecil menengah seperti bisnis retail, business service atau bisnis F&B.

Dengan adanya teknologi cloud, pembayaran online ini mampu memberikan data bisnis yang lengkap dan terperinci serta membantu pengusaha untuk mengakses langsung ke data penjualan meskipun dirinya tidak berada di toko.

Mesin Kasir Android—Portable dari GoBiz


Salah satu inovasi baru dari jenis-jenis mesin kasir di atas terutama sistem POS yakni mesin kasir Portable dari GoBiz atau bisa disebut juga sebagai mesin kasir Android.

Fitur dan fasilitas mesin kasir portable dari GoBiz tentunya sangat mendukung pengelolaan bisnis serta dapat meningkatkan bisnis Anda.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster