CRM: Pengertian, Tujuan dan Manfaat

Customer Relationship Management atau CRM adalah sebuah sistem yang dibuat untuk mengelola interaksi para pelanggan. Selain itu, CRM juga bisa digunakan untuk melakukan analisa sehingga lebih efisien.

CRM sering diterapkan sebagai salah satu strategi bisnis dengan memanfaatkan teknologi sehingga komunikasi menjadi lebih terarah. Dengan adanya CRM, maka pemilik bisnis akan mampu menciptakan pengalaman menarik para pelanggan sehingga loyalitas pun meningkat.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menaikkan penjualan bahkan pendapatan dengan memanfaatkan CRM ini. Lalu, bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian, tujuan dan manfaat CRM yang harus diketahui.

Pengertian CRM


Diketahui, CRM merupakan sistem yang dibuat untuk mengelola serta menganalisis interaksi antar pelanggan. Adapun cara kerja dari CRM adalah menyimpan interaksi dari para pelanggan tersebut dari berbagai saluran bisnis milik Anda menjadi satu database.

Di dalam database tersebut tersimpan berbagai informasi penting seperti data para pelanggan, riwayat saat melakukan pembelian serta masalah-masalah yang dihadapi. Informasi ini tentunya sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis.

Dengan adanya data-data tersebut maka pemilik bisnis akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan dan apa saja yang perlu diperbaiki. Informasi pun tersimpan dengan rapi di database sehingga dapat diakses kapan saja.

Apa Tujuan Penggunaan CRM?


Apa Tujuan Penggunaan CRM

Terdapat beberapa tujuan penggunaan CRM bagi para pebisnis. Namun, tujuan utamanya adalah meningkatkan hubungan bisnis dengan pelanggan sehingga bertahan lama. Dengan begitu,pebisnis akan mendapatkan pelanggan yang loyal sehingga bisnis juga ikut mengalami pertumbuhan.

Adapun tujuan penggunaan CRM lainnya yaitu:

  • Untuk membantu dalam pengelolaan dan mendapatkan peluang baru.
  • Untuk melacak lokasi tim penjualan dan juga KPI mereka.
  • Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
  • Untuk menunjukkan jalur penjualan secara lengkap.
  • Untuk mengetahui perkiraan jumlah penjualan secara otomatis.
  • Untuk melakukan penjagaan terhadap kepemilikan jalur penjualan milik perusahaan.

Manfaat CRM Adalah?


CRM memiliki banyak manfaat bagi pebisnis. Adapun yang paling utama yaitu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat lain dari CRM yang perlu diketahui.


1. Membangun Hubungan Baik


Dengan memanfaatkan sistem CRM maka hubungan antara pebisnis dengan pelanggan menjadi lebih dekat. Penyebabnya adalah Anda sebagai pemilik bisnis mengetahui apa yang diinginkan serta apa yang kurang diminati oleh pelanggan.

Caranya yaitu sistem CRM akan mengumpulkan data mengenai informasi milik pelanggan berdasarkan interaksi yang terjadi di berbagai saluran bisnis milik Anda. Data tersebut akan dikumpulkan menjadi satu sehingga pebisnis bisa menarik kesimpulan dan menerapkan strategi bisnis yang tepat.

Adanya hubungan baik ini akan memudahkan pebisnis untuk memahami keinginan para pelanggan. Dengan demikian, hubungan baik pun akan berlangsung lama dan mampu membuat pelanggan lebih loyal.

2. Meningkatkan Loyalitas


Lebih lanjut, dengan memanfaatkan CRM maka bisnis akan secara otomatis mengetahui informasi penting dari para pelanggan. Karena itulah, Anda sebagai pebisnis bisa memberikan pelayanan terbaik untuk memuaskan pelanggan.

Pelayanan yang baik ini tentunya akan meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga tetap bertahan menggunakan produk yang Anda jual. Bukan tidak mungkin bahwa pelanggan akan membeli produk milik Anda berkali-kali sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan.

3. Meningkatkan Jumlah Penjualan


Seperti yang diketahui, sistem CRM memiliki berbagai fitur pendukung yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan angka penjualan. Contohnya adalah untuk memantau produktivitas dari para karyawan Anda, menyimpan data secara otomatis dan melacak menggunakan GPS.

Tak hanya itu saja, CRM juga bisa dihubungkan dengan aplikasi lain untuk meningkatkan jumlah penjualan. Contohnya adalah WhatsApp API dan juga omnichannel.

4. Sebagai Pertimbangan Dalam Mengambil Keputusan


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa CRM adalah sistem yang dapat digunakan secara otomatis untuk menyimpan berbagai data penting. Misalnya saja data milik pelanggan, laporan penjualan dan juga kinerja dari para karyawan.

Pebisnis dapat melihat informasi tersebut kapan saja dengan mudah. Dengan mempertimbangkan hal tersebut maka Anda bisa memilih strategi yang tepat sebelum mengambil keputusan. Dengan demikian, pebisnis dapat menghindari kerugian yang timbul akibat salah mengambil keputusan.

5. Hemat Biaya


Manfaat selanjutnya dari penggunaan CRM ini adalah pebisnis dapat menghemat berbagai biaya tambahan. Diketahui, sistem ini bekerja secara otomatis dengan mengumpulkan berbagai data dari platform bisnis milik Anda.

Karena dikerjakan secara otomatis maka Anda tidak akan memerlukan biaya tambahan untuk mempekerjakan banyak karyawan dalam pengumpulan data. Selain itu, manfaat lainnya adalah menghemat waktu milik Anda.

Rekomendasi Aplikasi CRM


Salah satu rekomendasi aplikasi CRM yang bisa Anda gunakan adalah OCA Indonesia. Diketahui, OCA telah digunakan oleh lebih dari 5000 perusahaan. Selain itu, lebih dari 2 juta pelanggan yang dijangkau hingga saat ini.

OCA dapat digunakan oleh semua bisnis, mulai dari perusahaan besar hingga UMKM. Kemudian, fitur-fitur yang diberikan juga disesuaikan dengan kebutuhan dari pelanggan.

Beberapa fitur yang diberikan oleh OCA Indonesia antara lain Chatbot Builder yang akan membantu pebisnis untuk membalas pesan secepatnya. Lalu ada Contact Management untuk menyimpan kontak pelanggan dengan rapi.

Selain itu, ada pula Ticketing yang memudahkan pebisnis menyelesaikan pertanyaan dari pelanggan. Kemudian pebisnis juga bisa memberikan catatan informasi penting mengenai produk, dan hal penting lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai CRM beserta penjelasannya. Dengan memanfaatkan CRM maka mengelola bisnis pun menjadi lebih mudah.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster