Sandbox: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat

API (Application Programming Interface) adalah komponen inti dari rancangan software yang berguna untuk menghubungkan antar aplikasi. Sebelum dirilis, maka developer harus melakukan uji coba terlebih dulu di dalam API sandbox. Artikel ini akan menjelaskan apa itu sandbox.

API sandbox merupakan ruang uji terbatas dan aman yang meniru kondisi sebenarnya untuk membuat simulasi agar tahu respon beberapa aplikasi terhadap API. BRIAPI sebagai penyedia layanan API menyediakan fasilitas ini untuk membantu proses uji coba oleh para developer.
 

Apa Itu Sandbox


Buat kamu yang masih asing dengan istilah ini, maka simak terus artikel berikut untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan sandbox.

Sandbox erat kaitannya dengan keamanan bagi teknologi komputer. Ini adalah sebuah lingkungan yang dibuat menyerupai aslinya dan berfungsi untuk menguji, mengevaluasi, serta memantau suatu program software.

Selain untuk menguji tingkat keamanan siber, developer menggunakan fitur ini untuk banyak tujuan. Apa itu sandbox banyak digunakan dalam proses untuk mengembangkan fitur baru, menguji patch, dan menghilangkan bug.

Sandbox menciptakan lingkungan yang terisolasi sehingga proses pengujian software tidak akan memengaruhi sistem atau program yang sedang berjalan. Pengguna sandbox bahkan bisa melakukan format ulang agar dapat menggunakannya kembali atau untuk sesi uji berikutnya.

Developer dapat memanfaatkan sandbox BRIAPI untuk mengetahui reaksi aplikasi terhadap beragam simulasi respon API. Simulasi yang bisa dilakukan misalnya lamanya waktu merespon, jenis dan kondisi kesalahan, serta seandainya API tidak responsif.

Menggunakan API sandbox dari BRIAPI dapat menurunkan biaya dan risiko akibat adanya API dari pihak ketiga selama pengujian. Waktu menjadi lebih efisien karena pengembangan dan pengujian dapat dilakukan secara bersamaan. Hal ini mempercepat rilisnya aplikasi ke pasar.

Cara Kerja Sandbox


Cara Kerja Sandbox

Sandbox memiliki fungsi sebagai lingkungan virtual yang menyebabkannya tidak bergantung pada komputer dan jaringan. Fitur ini dapat digunakan untuk pengembangan software maupun pengujian keamanan siber. Adapun cara kerjanya tergantung pada apa yang sedang diuji.

Sandbox yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak dipakai untuk menguji kode baru. Tujuannya adalah untuk menghindari kesalahan dalam pemrograman.

Jika untuk keamanan, sandbox akan menjadi ruang isolasi yang memisahkan barang uji dengan program yang sedang berjalan. Di sini akan berlangsung proses uji dan eksekusi program yang berpotensi membahayakan.
 

Manfaat Sandbox


Bagi bisnis, penggunaan sandbox sangat penting karena dapat meningkatkan kinerja. Perusahaan dapat menguji, menjalankan, dan menyempurnakan aplikasi yang berpotensi menyebabkan masalah tanpa mengganggu operasional. Berikut adalah manfaatnya.
 

Manfaat Sandbox BRIAPI untuk Software


Apa itu sandbox digunakan untuk menguji kode, program, atau fitur baru dalam kondisi terisolasi sehingga tidak memengaruhi platform tempatnya dijalankan. Lingkungan sandbox diatur menyerupai lingkungan sebenarnya untuk menguji fungsi API yang sedang dikembangkan.

Cara ini memungkinkan pengembang aplikasi pihak ketiga untuk memeriksa dan melakukan validasi atas kode mereka. Programmer dapat menggunakan area tertentu dari sandbox untuk mengubah dan menambahkan produk lain, serta membuat portal app baru.
 

Manfaat Sandbox BRIAPI untuk Keamanan


Bagi keamanan, sandbox dimanfaatkan untuk memeriksa software atau file yang dicurigai berisi kode berbahaya. Lingkungan sandbox akan diisolasi untuk menjalankan kode yang terindikasi membahayakan tersebut sebagai simulasi atas lingkungan yang sebenarnya.

Saat kode berjalan, developer dapat menganalisa perilakunya. Semua kegiatan analisa berlangsung tanpa memengaruhi hingga merusak perangkat apapun dan tidak akan menyebar ke seluruh jaringan.

Developer menggunakan sandbox untuk menjalankan kode yang belum terverifikasi dari sumber-sumber asing dan mengamati perilakunya. Adapun yang termasuk perilaku berbahaya antara lain adalah kode mereplika dirinya sendiri, dan mengenkripsi data penting.

Keamanan siber perlu mewaspadai jika kode asing tersebut lantas mengunduh software tambahan, bahkan mencoba terkoneksi dengan server kontrol.

Ketika menerima email tak dikenal, filter akan mendeteksi potensi pesan email dan lampiran berbahaya. Guna melakukan deteksi, perlu tempat yang aman untuk membuka dan mengevaluasi lampiran dan memastikan pesan tersebut aman, inilah manfaat sandbox.

Apa Itu Sandbox, Manfaatnya untuk Pemasaran


Perusahaan bahkan dapat memanfaatkan sandbox untuk melakukan demonstrasi atas fitur sebuah produk. Sandbox menggantikan demo penjualan secara langsung dengan mengusung konsep virtual. Menariknya, calon pelanggan dapat menguji produk dengan lebih interaktif.

Sandbox memungkinkan calon pelanggan melakukan eksplorasi model fitur (dummy feature) untuk menghasilkan fitur fungsional sebenarnya yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi, sandbox dapat digunakan untuk memastikan kualitas produk akhir sebelum sampai ke tangan pelanggan.

Apa itu sandbox sangat penting fungsinya untuk menganalisa kemungkinan malware. Keberadaan sandbox membuat developer dapat melakukan analisa kode mencurigakan tanpa memengaruhi lingkungan yang sebenarnya.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster