UMKM Hack : Kemasan yang Menjaring Banyak Customer

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM termasuk penggerak ekonomi yang turut menentukan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Bahkan bisa dibilang merekalah yang memiliki peran paling penting karena berinteraksi langsung dengan consumen.

Sebagai usaha kecil dan menengah, biasanya para pelaku usaha fokus pada produk. Sementara kemasan dari produk dibuat seadanya dengan aggapan orang akan merasakan produknya, bukan kemasannya. Ini tentu saja keliru. Karena kemasan produk UMKM juga sama pentingnya dengan produk itu sendiri.

Seberapa penting Kemasan Produk UMKM ?


Kemasan produk adalah sesuatu yang dijadikan bahan untuk menutupi produk sehingga terlihat lebih aman dan enak dipandang mata. Kemasan produk juga dapat menambah nilai jual produk, sehingga keuntungan lebih banyak.

Kemasan produk dapat menjaring customer dengan beberapa sentuhan di dalamnya. Setidaknya ada beberapa poin yang harus ada dalam kemasan produk, sehingga customer melirik produk dan akhirnya membelinya. Beberapa point tersebut diantaranya :

1. Bentuk Kemasan Produk


Bentuk kemasan biasanya menyesuaikan dengan produk yang dijual. Misalnya jika bentuknya teratur seperti coklat batangan, bisa dicari kemasan produk berbentuk balok yang bisa menutupi seluruh produk.

Lain halnya jika produknya berbentuk tidak beraturan, seperti kerupuk atau roti. Kemasan berbentuk kantong lebih cocok untuk menutupi produk sekaligus memberikan kesan menarik.

2. Material Kemasan Produk


Material kemasan juga memberikan point plus pada sebuah produk. Plastik tebal dan menarik untuk membungkus roti pasti akan lebih disenangi customer daripada plastik tipis yang buram. Begitu juga jika material untuk snack.

Akan lebih menarik jika kemasan produk dibuat dari bahan yang kedap udara dan menarik. Jenis material yang digunakan biasanya dibuat untuk menjaga value dan ketahanan produk.

3. Informasi Kemasan Produk


Informasi produk seperti berapa isinya, berapa nettonya, bahan apa saja yang digunakan untuk membuat produk tersebut sampai tanggal expired pun pasti akan dibaca oleh customer. Semakin lengkap informasi produk yang ada pada kemasan produk, semakin customer menyukainya.

Informasi kemasan produk ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM peduli dengan keinginan customer dan menjaga agar produk selalu dalam keadaan baik.

4. Desain Kemasan Produk


Desain kemasan produk UMKM juga mempengaruhi ketertarikan customer terhadap produk yang dijualbelikan. Buatlah desain yang sederhana namun bisa mewakili keinginan pelaku usaha. 

Semakin sederhana sebuah desain kemasan produk UMKM, biasanya semakin dicintai oleh customernya. Namun meskipun sederhana, tetap menarik ya.

Manfaat Kemasan Produk UMKM


Manfaat Kemasan Produk UMKM

Fungsi utama sebuah kemasan produk adalah untuk melindungi produk sehingga aman dan tetap bersih. Namun bukan hanya itu saja fungsi dari dibuatnya kemasan produk. Ada banyak hal lain yang tak kalah pentingnya, diantaranya yaitu :

1. Melindungi Produk


Kemasan produk dapat melindugi produk dari hal-hal yang merusak, seperti air, cuaca, debu, kotoran dan lain-lain. Produk akan dibungkus dalam kemasan yang memberikan ruang di dalamnya. 

Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar produk tetap bersih seperti saat pertama kali diproduksi dan mengurangi kerusakan.

2. Menjaga Kualitas Produk


Kualitas produk bisa rusak jika sudah terkontaminasi dengan kuman, udara, polusi atau hal-hal yang terjadi di luar kehendak. Karena itu sebuah produk perlu dikemas agar kualitas produk tetap terjaga dengan baik sampai berada di tangan konsumen.

3. Memudahkan Proses Distribusi


Apa jadinya jika produk tidak diberikan kemasan. Pasti sulit untuk disitribusikan ke customer. Itulah pentingnya kemasan produk, agar mudah didistribusikan ke para customer. 

Produk UMKM biasanya dekat dengan kebutuhan sehari-hari customer. Akan sangat menyenangkan jika produk yang diinginkan customer dikemas dengan menarik dan aman ketika sampai di tangan customer.

4. Menjadi Ciri Khas Produk


Kemasan produk UMKM juga bisa menjadi ciri khas tertentu produk UMKM. Terutama jika beberapa UMKM menghasilkan produk yang sama.

Misalnya kerupuk. Kemasan produk UMKM yang satu akan berbeda dengan kemasan produk UMKM lainnya. Masing-masing memberikan keunggulan dan manfaat yang berbeda.

Ciri khas ini tentunya bisa menjadi daya saing yang sehat bagi para pelaku UMKM. Dalam produk yang sama, para pelaku UMKM bisa saling bersaing dengan memberikan produk unggulan melalui kemasan produk yang berbeda.

5. Menjadi Daya Tarik Tersendiri


Kemasan produk yang didesain dengan unik dan bagus pasti akan lebih menarik perhatian customer, daripada kemasan produk yang biasa saja. Apalagi jika bentuk kemasan terlihat unik dan lucu. 

Dalam hal ini, kemasan produk UMKM bisa menaikkan nilai jual produk karena dibuat sangat menarik. Keuntungan yang didapat oleh pelaku usaha pun bisa berlipat dengan kemasan produk UMKM yang disukai customer.

Sudah tahu kan kalau kemasan produk menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh para pelaku usaha UMKM. Jadi jangan hanya fokus pada cita rasa dan keunggulan produk saja. Tapi juga pada faktor pendukungnya seperti kemasan produk.

Bagaimanpun juga, customer pasti akan melihat kemasan produk terlebih dahulu sebelum mencoba produknya. Jika tertarik, maka customer akan membeli. 

Jika tidak, produk tidak laku meskipun produknya bagus. Jadi kemasan produk UMKM itu penting.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster