12 Spot Wisata Instagramable di Kota Solo

Mendengar kota Solo langsung teringat kota yang banyak peninggalan budaya Jawa sampai sekarang masih ada keraton Solo. Kota yang cocok sekali untuk liburan bersama keluarga. 

Menikmati keistimewaan kota Solo dan belajar sejarah budaya Jawa. Lebih asyik lagi dengan sewa mobil Solo yang membuat kenyamanan dalam liburan.

Kota Solo menyimpan sejarah kerajaan Majapahit yang disimpan di keraton Solo. Kekayaan budaya ini ada di keraton Mangkunegaran Surakarta dan Kasunanan Surakarta. 

Dua keraton ini masih aktif tapi tidak di pemerintahan. Keduanya sering melakukan ritual budaya yang menjadi daya tarik masyarakat dan wisatawan.

Kota ini semakin terkenal sebagai tanah kelahiran presiden Indonesia saat ini. Kota yang memiliki dua nama yaitu Solo dan Surakarta. Nama Solo lebih terkenal secara luas daripada Surakarta. Namun nama Surakarta masih dipakai untuk administrasi pemerintah.

Meski dijuluki sebagai kota budaya tapi banyak tempat wisata yang instagramable. Untuk menikmati wisata kota lebih santai dan nyaman dengan rental mobil Solo. Jalan-jalan lebih bebas berapa lama dan ke tempat wisata mana saja.

12 Wisata Solo Instagramable


12 Spot Wisata Instagramable di Kota Solo

1. Masjid Agung Solo


Nama masjid lainnya yaitu Keraton Solo yang memiliki sejarah peradaban Islam pertama di Solo. Untuk wisata religi yang menenangkan hati , pikiran, dan keimanan. Fasilitas masjid yang lengkap dengan adanya perpustakaan.

2. Keraton Surakarta Hadiningrat


Rasanya tidak ke Solo jika belum mengunjungi keratonnya. Untuk melihat salah satu kerajaan yang ada di Jawa. Mengunjungi keraton berarti harus mengikuti aturan-aturan yang ada untuk menjaga keutuhan keraton. Waktu kunjung setiap Senin sampai Kamis jam 09.00-14.00.

3. Wisata Kampung Batik Kauman


Solo identik dengan batik dengan motif yang khas juga terkenal batik tulisnya. Melihat secara langsung pembuatan batik di Kauman yang terletak di pusat kota akan menambah kekaguman karya Indonesia. 

Di kampung ini bisa belajar membatik. Harga batik tulis di sini lumayan tinggi, karena pembuatannya yang menjaga ketradisionalannya dan kualitas batik yang tidak diragukan lagi. Sehingga banyak pelanggannya sampai mancanegara.

4. Pasar Antik Triwindu


Mencari dekorasi rumah dengan barang-barang vintage wajib datang ke pasar Antik Triwindu. Pasar yang menjual berbagai jenis barang vintage yang sudah tidak diproduksi lagi. Barang antik juga cocok untuk oleh-oleh wisata. Namun, saat membeli barang vintage harus teliti betul-betul agar tidak kecewa nantinya.

5. Pasar Klewer


Menikmati kuliner dan membeli belanjaan oleh-oleh di suasana pasar yang ramai dengan berbagai kudapan yang bisa dinikmati rasanya wajib ke pasar Klewer. Pasar ini merupakan pasar terkenal di Solo yang sering jadi incaran wisatawan berbelanja terutama kain batik.

6. Air Terjun Parang Ijo


Wisata alam di Solo yaitu menikmati air terjun yang ada dibalik pepohonan di Parang Ijo. Tempat yang tepat untuk bermain air dan menikmati ciptaan Tuhan. Spot foto yang instagramable di gardu pandang.

7. Jumog


Keindahan alam selanjutnya ada air terjun Jumog. Air terjun yang dingin dengan pemandangan lereng gunung lawu seperti surgawi.

8. Grojogan Sewu Tawangmangu


Tawangmangu nama yang lebih familiar di telinga banyak orang. Di sini merupakan tempat wisata alam air terjun juga. Keindahan yang didapat seperti melihat tebing yang tinggi, rimbunnya pepohonan, yang pastinya menyegarkan pikiran dan mata.

9. Tumurun Private Museum


Salah satu tempat untuk bisa menikmati hasil seni dari kolektor pribadi kunjungi Tumurun Private Museum. Museum yang berdiri atas ide dari Iwan Kurniawan Lukminto yang diperuntukan Ayahnya seorang kolektor seni. Karena museumnya berbentuk private jadi harus memesan tempat melalui website resminya.

10. De Tjolomadoe


Jaman Hindia Belanda kota Solo merupakan penghasil gula. Di De Tjolomadoe ini merupakan bekas pabrik gula jaman dulu. Di sini bisa mengetahui sejarah adanya gula dari kebunnya hingga ke pabrik pembuatannya.

11. Candi Ceto


Peninggalan bangunan jaman dulu yaitu candi Ceto. Candi yang merupakan kultur dari Hindu Nusantara. Tempat foto yang instagramable di depan gapuranya karena akan terlihat pemandangan awan putih dan biru. Sehingga orang sering menyebut sebagai gerbang surga.

12. The Heritage Palace Solo


Jika di De Tjolomadoe melihat sejarah pembuatan gula di The Heritage Palace Solo akan disuguhkan ruang-ruang khas Eropa. Tempat ini bekas bangunan pabrik.

Banyak sekali tempat wisata yang bisa dinikmati di Kota Solo. Dari wisata kuliner, budaya, seni, sejarah, hingga alam. Untuk menikmati itu semua memang lebih nyaman sewa mobil pribadi.

Menikmati Wisata dengan Sewa Mobil Solo


Alasan utama rental mobil Solo yaitu bisa menentukan lokasi mana dulu untuk dijelajahi. Bisa berlama-lama untuk di satu lokasi. Menikmati jalan-jalan yang indah di kota Solo sambil memotretnya. Dengan menyewa mobil tidak perlu diburu oleh waktu.

Pastinya perlu menggunakan mobil dalam kondisi yang prima dari mesin, rem, AC, dan semuanya. Juga mobil-mobil yang masih keluaran baru. Untuk itu bisa sewa mobil Solo di Kharisma Premium Rent Car. Tempat penyewaan mobil yang terpercaya dan memiliki armada yang selalu dijaga kondisinya.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster