Apa itu PPOB dan Cara Kerjanya

Apakah Anda pernah mendengar tentang PPOB? Atau mungkin sudah daftar PPOB resmi dan menjalankan bisnisnya dengan lancar? 

Bagi Anda yang belum tahu mengenai PPOB, tidak perlu khawatir. Sebab saya akan dibahas dengan singkat mengenai apa itu PPOB dan seperti apa cara kerjanya, serta peluang bisnis yang menanti Anda.

Adanya tagihan rumah tangga seperti listrik, telepon, air, internet dan berbagai tagihan rutin bulanan, membuat orang-orang mencari solusi pembayaran yang mudah dan cepat.

Mengingat tagihan bulanan memiliki batas waktu pembayaran, ketika batas waktu tersebut terlewatkan maka ada denda yang harus dibayar dan bahkan bisa sampai memutuskan sambungan sampai Anda membayar semua tunggakan.

Bukan hanya merasa repot karena kadang jarak dari rumah ke tempat pembayaran cukup jauh, ada juga yang merasa malas untuk mengantri di tempat pembayaran.

Apalagi jika dalam satu waktu tersebut, ada beberapa tagihan yang harus dibayar di tempat yang berbeda. Tentunya akan memakan waktu yang tidak sedikit dan juga melelahkan.

Di sinilah peluang bisnis yang telah disebutkan sebelumnya, bisnis ini disebut sebagai PPOB atau Payment Point Online Bank merupakan sebuah loket selayaknya bank yang bisa digunakan untuk membayar macam-macam tagihan tanpa perlu pergi ke berbagai tempat. 

Siapapun bisa memiliki PPOB, di manapun itu. Asalkan ia memiliki modal, juga tahu cara untuk menggunakannya.

Apa yang harus Anda persiapkan sebelum memulai PPOB?


Apa itu PPOB dan Cara Kerjanya

  • Komputer/Smartphone untuk menjalankan aplikasi PPOB.
  • Printer untuk cetak bukti pembayaran.
  • Koneksi Internet yang mendukung.
  • Dana Deposit.

Bagaimana cara kerja PPOB? Ketika ada pelanggan yang datang untuk membayar salah satu tagihan, misal tagihan telepon dan internet. Maka Anda akan membantu membayar tagihannya sesuai dengan data yang diberikan dan membayar tagihannya sesuai dengan nominal yang tercantum.

Pembayaran dilakukan dengan saldo yang Anda miliki, kemudian pelanggan akan memberikan sejumlah uang sejumlah tagihan. Anda akan mendapatkan komisi dari semua transaksi yang telah Anda lakukan.

Tertarik untuk memulai PPOB Anda sendiri? Ikuti persiapannya di bawah ini:

Bagaimana cara kerja PPOB

Siapkan Modal


Modal utama untuk menjalankan bisnis online yang satu ini telah disebutkan sebelumnya, yaitu komputer, printer dan koneksi internet. 

Anda juga harus menyediakan sejumlah saldo untuk mempermudah proses pembayaran. Biasanya saldo awal yang diwajibkan tidak besar, kurang lebih 100k Rupiah saja.

Temukan Vendor yang Terpercaya


Ada banyak sekali vendor yang menyediakan PPOB dan terbuka untuk bekerjasama dengan orang baru. Mereka memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda, Anda bisa memilih vendor mana yang paling mudah untuk Anda ikuti cara kerjanya.

Sebelum memutuskan, pastikan dulu jika vendor tersebut memiliki layanan yang paling lengkap dan mudah juga digunakan. 

Lalu bagaimana jumlah komisi yang akan Anda dapatkan? Lebih baik hal ini jadi pertimbangan terakhir, sebab pelayanan lebih penting di atas semuanya. 

Jadi ketika pelayanan PPOB Anda nantinya menyenangkan dan pelanggan suka, maka pasti akan lebih laris, keuntungan pun akan terkumpul banyak.

Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis


PPOB memang bisnis online, namun Anda tetap butuh tempat untuk jalankan bisnis ini. Jadi bentuk fisiknya adalah sebuah toko, atau kios kecil di depan rumah untuk melayani konsumen Anda.

Tak perlu langsung membangun ruko besar, mulailah dengan meja display kecil di depan rumah, lalu perlahan-lahan diubah menjadi ruangan khusus dan seterusnya jika usaha sudah berjalan lancar.

Persiapkan Strategi Pemasaran


Bisnis ini peluangnya besar sekali, namun Anda harus memikirkan strategi pemasaran yang bagus jika ingin menonjol di PPOB. Sebab di luaran sana juga banyak sekali yang memulai usaha mereka sebagai agen PPOB. Jangan sampai kalah bersaing dalam memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu PPOB dan cara kerjanya yang sangat sederhana, namun sangat menguntungkan. Bagi Anda yang tinggal di Bekasi, bisa daftar PPOB terpercaya di Bekasi yang terdekat dengan Anda. Salam sukses!

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster