4 Metode Pembayaran Online yang Biasa Digunakan di Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, sistem pembayaran online menjadi primadona hampir di seluruh tempat transaksi niaga mulai dari tenant di mall, swalayan hingga pasar sekalipun.

Di Indonesia sendiri metode dan sistem pembayaran secara online ini berkembang dengan pesat seiring dengan meningkatnya transaksi jual-beli secara daring sehingga banyak digunakan baik seller maupun buyer.

Namun kira-kira apa saja metode sistem pembayaran online di indonesia yang paling populer digunakan masyarakat? Simak ulasannya pada artikel berikut ini!

4 Sistem Pembayaran Online Terpopuler di Indonesia


Sistem Pembayaran Online Terpopuler di Indonesia

Secara umum, sistem pembayaran non tunai secara online menggunakan internet disebut online (digital) payment. Kehadiran metode ini sangat membantu untuk mempermudah transaksi non tunai antara merchant dengan pelanggan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, pembayaran digital ini menjadi opsi yang memudahkan mulai dari cashless dan paperless sehingga lebih efisien dan aman.

Saat ini ada beberapa jenis sistem pembayaran online yang dilakukan di Indonesia, diantaranya adalah:

1. E-Wallet


Kehadiran perusahaan perintis di Indonesia ternyata juga menumbuhkan banyak perkembangan E-Wallet. Sebut saja nama seperti Gopay, ShopeePay, OVO, Dana, AstraPay dan masih banyak yang lainnya.

E-Wallet ini juga banyak digunakan untuk transaksi di platform e-commerce dan online shop hingga sering dijadikan sistem pembayaran listrik online.

Namun beberapa tahun ke belakang ini, banyak gerai offline yang sudah bisa menggunakan pembayaran ini untuk jual beli.

Selain lebih mudah karena pengguna hanya perlu memindai barcode, namun juga cepat dan penjual tidak perlu ribet untuk menyiapkan kembalian.

Bahkan di beberapa platform, E-Wallet juga dapat menjadi pilihan sistem bayar pajak motor online, listrik bahkan iuran BPJS sekalipun.

2. Virtual Account


Metode online lainnya yang biasa digunakan adalah virtual account, rekening buatan sistem yang dibuat langsung oleh bank dengan mengkombinasikan nomor ID pelanggan.

Pembuatan akun ini dilakukan dengan kustomisasi, yaitu sesuai dengan permintaan perusahaan yang bersangkutan..

Ini juga menjadi metode yang praktis karena pembeli tidak perlu mendaftarkan nomor rekening tujuan penjual dan tidak ada masalah dengan perbedaan bank yang digunakan.

3. QRIS


Hadir sejak tahun 2020, QRIS juga menjadi primadona untuk banyak merchant dalam menyediakan layanan pembayaran mudah untuk konsumennya.

Sesuai namanya, QRIS hadir dengan metode QR code sehingga para pembeli hanya perlu memindai kode tersebut menggunakan kamera digital.

Setelah itu, para pembeli akan langsung untuk menyelesaikan pembayaran melalui mobile banking yang mereka gunakan secara otomatis tanpa perlu klik 1-1 nomor rekening penjual.

Tentunya metode ini juga memudahkan kedua belah pihak mengingat setiap penjual dan pembeli bisa menggunakan bank yang berbeda tanpa perlu merasa ribet.

4. Pay Later


Menganut sistem yang serupa dengan kartu kredit, Pay Later mulai banyak dihadirkan melalui banyak platform termasuk E-Wallet. Bedanya, Pay Later merupakan kredit mudah yang ditawarkan tanpa perlu menggunakan kartu.

Oleh karena itu, pelanggan tetap melakukan pembayaran dengan sistem cicilan berdasarkan tenor yang telah dipilih sebelumnya.

Banyak yang berpikir opsi ini menjadi pilihan yang praktis untuk melakukan transaksi cicilan tanpa perlu apply kartu keanggotaan bank lagi.

Nah demikianlah 4 metode sistem pembayaran online yang paling populer di Indonesia dan menjadi pilihan efisien dan praktis untuk memudahkan kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli.

Mana kira-kira metode yang belum pernah Anda gunakan?

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster