Melalui Mural, Universitas Pertamina Bersama Gen Z Promosikan Energi Baru Terbarukan

Saat ini ada banyak pilihan cara yang dapat dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan, salah satunya adalah melalui karya seni. Sebagaimana yang dilakukan oleh Universitas Pertamina bersama generasi z (gen z) dalam mempromosikan energi terbarukan melalui karya seni “Mural”.

Melakukan kegiatan karya seni ternyata memberikan manfaat yang besar bagi gen z. Hal tersebut senada dengan hasil survei global yang dilakukan oleh Adobe dan Harris Poll pada tahun 2020 bahwa 78 persen dari generasi z bahwa melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kreativitas bermanfaat untuk pekerjaan dan pendidikan mereka.

Masih dalam survei yang sama, gen z memiliki arti kreatifitas yang lebih meluas. Meskipun lahir dan tumbuh besar di tengah kepungan perkembangan teknologi nyatanya gen z tetap mampu menikmati seni baik seni tradisional hingga seni digital.

Selain itu, jika berkaitan dengan semangat kreatifitas, 50 persen dari responden menyatakan lebih kreatif saat berhubungan dengan kegiatan sosial atau kegiatan relawan yang memberikan kontribusi positif untuk masyarakat dan lingkungan.

Universitas Pertamina Memilih Mural sebagai Media Edukasi


Universitas Pertamina Memilih Mural sebagai Media Edukasi

Universitas Pertamina memilih “mural” menjadi media untuk mempromosikan gerakan sosial masyarakat dengan melibatkan gen z dalam pelaksanaannya.

“Untuk menggaet keterlibatan gen z dalam edukasi sosial, kami melaksanakan kegiatan Mural Art Competition for High School Students. 

Meskipun baru pertama kali diadakan, namun peserta yang mendaftar telah mencapai puluhan siswa dari SMA sederajat serta para anggota komunitas mural dari Jabodetabek dan Pulau Jawa” jelas Budi W. Soetjipto, Ph.D., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, melalui wawancara daring, Senin (17/01).

Sebanyak 19 tim dari 47 peserta berkesempatan untuk mengikuti seleksi final yang bertempat di Universitas Pertamina pada hari Sabtu (15/01). Penentuan pemenang dilihat dari nilai estetika, makna yang disampaikan dalam setiap bentuk, warna, tanda, maupun tulisan pada setiap mural.

Adapun ketiga pemenang yang berhasil diantaranya Aan Gunawan meraih Juara 1; Tim svtn.dsgn meraih Juara 2; dan Tim Momem pemenang Juara 3.

Melalui tema “Inspirasi Energi Negeriku”, kompetisi mural tersebut mengajak para peserta untuk menuangkan pesan-pesan moral terkait tema melalui karya yang mereka buat.

Pesan yang disampaikan bervariasi, diantaranya mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan energi, atau bahkan penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, energi baru terbarukan, atau bahkan gambaran jenis dan sumber energi yang digunakan di Indonesia.

Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi dari banyak pihak, salah satunya seperti yang disampaikan salah satu peserta dari kelas XII SMKN 1 Boyolangu, yakni Kinanthi Febrian Valintina.

“Dulu, masyarakat menganggap mural sebagai suatu bentuk vandalisme. Karya yang dibuat juga cenderung menampilkan visual yang kurang elok, kadang tidak senonoh, dan bahasanya cenderung frontal. 

Namun, kompetisi mural ini, menunjukkan penghargaan dan mengakui mural sebagai salah satu karya seni jalanan. Semoga kompetisi ini dapat kembali dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya” tutur Kinanthi peraih Juara 2 tersebut.

Universitas Pertamina, Kampus Swasta Unggulan di Indonesia


Sistem pembelajaran di Universitas pertamina sangat komprehensif, tidak hanya memberikan pemahaman keilmuan melalui perkuliahan di kelas, tetapi dilengkapi juga dengan kuliah lapangan, praktikum di laboratorium, dan juga mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengasah kreativitas melalui berbagai kegiatan.

Metode pembelajaran berbasis proyek atau yang dikenal dengan project based learning digunakan untuk mendukung mahasiswa berfikir inovatif dan kreatif.

Tidak hanya itu Universitas Pertamina juga memberikan ruang seluas-luasnya agar mahasiswa terlibat langsung dalam berbagai ajang kreatifitas dan inovasi melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

UKM sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat para mahasiswa melalui kegiatan yang terstruktur dan terorganisir yang mendapatkan dukungan penuh dari universitas.

Universitas Pertamina sudah terpercaya sebagai kampus swasta unggulan yang mampu bersaing dengan kampus-kampus lainnya di Indonesia. Kampus teknologi dan bisnis energi yang siap memberikan kontribusi penuh kepada masyarakat melalui pemberian pendidikan yang berkualitas kepada para mahasiswa.

Mencari kampus swasta unggulan di Indonesia, Universitas Pertamina bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para pemuda-pemudi yang ingin meningkatkan keilmuan mereka dalam bidang yang diminati. Universitas Pertamina membuka berbagai jurusan yang diharapkan mampu mengantarkan para mahasiswanya menuju kontribusi terbaiknya untuk Indonesia.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster