6 Penyebab Haid Tidak Lancar

Bagi perempuan yang telah melewati masa pubertas akan mengalami haid. Setiap perempuan mengalami fase haid yang berbeda-beda. Ada yang mendapatkan siklus haid lancar namun ada pula yang mengalami masalah dengan siklus haidnya.

Tidak hanya waktu datangnya saja yang berbeda, lama waktu serta volume darah yang keluar juga berbeda-beda setiap orangnya. Ada yang hanya mengalami haid beberapa hari saja adapula yang mengalami hingga berlarut lebih dari minggu.

Namun, masalah yang harus diperhatikan lebih adalah jika mengalami haid yang tidak lancar. Kira-kira apa saja yang menyebabkan masalah tersebut terjadi?

Penyebab haid tidak lancar


Penyebab haid tidak lancar

Siapa saja dapat mengalami masalah haid yang tidak lancar ini. Biasanya kondisi ini lebih banyak dialami oleh perempuan di masa tahun pertama pubertasnya atau di usia menjelang menopause.

Secara umum, penyebab haid yang tidak lancar tersebut dikarenakan faktor hormon, seperti hormone estrogen, hormone progesterone, ataupun beberapa hormone lain yang tidak stabil.

Selain hal tersebut, berikut ini adalah beberapa penyebab haid tidak lancar:

1. Berat badan yang berubah


Siklus haid salah satunya dipengaruhi oleh jaringan lemak pada tubuh. Saat Anda mengalami perubahan berat badan secara drastis maka secara tidak langsung terjadi pula perubahan jaringan lemak.

Misalnya saat berat badan turun secara drastis maka jaringan lemak juga ikut menurun. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab tidak teraturnya siklus haid.

2. Diet Esktrim


Definisi cantik seringkali dikaitkan dengan bentuk badan yang langsing. Tidak heran mengapa saat ini banyak perempuan mencoba untuk diet ketat disamping untuk tujuan kesehatan.

Dari banyaknya metode diet, upayakan untuk menghindari diet yang mengharuskan kamu menahan makan atau Charm Girls. Diet dengan cara ini justru merusak metabolisme tubuh sekaligus dengan hormon-hormon yang Anda punya, termasuk hormon menstruasi.

3. Faktor Genetik


Faktor genetic adalah salah satu faktor penyebab berlangsungnya siklus haid yang mungkin sulit untuk dikendalikan mengingat faktor ini didapatkan dari faktor keturunan.

Penelitian menunjukkan bahwa ada lebih dari ratusan gen dalam setiap tubuh manusia, termasuk gen yang menunjang siklus haid. Salah satunya yang mempengaruhi adalah follicle stimulating hormone (fsh), yakni hormon yang mempengaruhi pelepasan sel telur dari ovarium.

Karena siklus haid ini dipengaruhi oleh faktor genetik, maka bisa jadi masalah haid yang tidak lancar yang Anda alami juga dialami oleh ibu Anda, atau anggota keluarga perempuan lainnya.

4. Stress atau masalah mental lainnya


Tidak hanya kesehatan fisik saja yang perlu diperhatikan, karena kesehatan mental juga berperan pada siklus haid yang Anda alami. Sebagai contoh, stress dapat memicu siklus haid yang tidak lancar.

Untuk itu, cobalah untuk mengendalikan pikiran-pikiran Anda dan fokuskan pada hal-hal penting yang dapat Anda lakukan, lalu sebisa mungkin untuk menghindari stress.

5. Gaya hidup yang kurang sehat


Gaya hidup yang Anda terapkan sehari-hari sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, kesehatan tubuh akan mempengaruhi siklus haid. Begitu terus secara berulang.

Sebagai contoh, saat Anda berolahraga secara berlebihan atau tidak pernah olahraga sama sekali, makan sembarangan, kekurangan cairan, semua hal tersebut dapat memicu siklus haid yang tidak lancar.

Tidak hanya itu saja kebiasaan buruk seperti merokok, minum alcohol, atau bahkan sering begadang juga dapat mengacaukan sistem hormon dan akan berdampak pada siklus haid Anda.

6. Masalah kesehatan


Penyebab terakhir yang memungkinkan Anda memiliki siklus haid yang tidak lancar adalah karena ada gangguan kesehatan seperti penyakit bawaan atau kelainan hormonal.

Sebagai contoh, perempuan dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) kemungkinan hanya mengeluarkan darah yang sedikit saat haid. Bahkan dalam kasus lain yang menderita PCOS tidak dapat mengeluarkan darah haid sama sekali.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab haid tidak lancar yang mungkin Anda alami. Jika Anda khawatir akan adanya masalah serius karena siklus haid yang tidak lancar, maka sebaiknya Anda langsung berkonsultasi kepada dokter.

Bagi Anda yang sedang haid dengan darah haid yang cukup banyak jangan khawatir hal tersebut akan mengganggu Anda. Karena sudah ada produk pembalut dari charm yang menjadi solusi terbaik untuk Anda tetap aman dan tidak khawatir tembus saat sedang haid.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster