Psikotes Online Vs Psikotes Offline, Mana yang Lebih Efisien

Psikotes online merupakan prosedur atau pengamatan yang sistematis untuk mengukur perilaku dan kinerja seseorang yang dilakukan secara online. Hasil tes kemudian dinyatakan dalam kategori skala atau numerik.

Hasil psikotes akan digunakan oleh penyelenggara untuk memahami dan memprediksi aspek-aspek psikologis seorang peserta tes. Bagi perusahaan, hasil psikotes akan digunakan untuk menilai fungsi kognitif dan emosional calon karyawan.

Pentingnya Melakukan Psikotes Bagi Perusahaan


Perusahaan memanfaatkan psikotes untuk memastikan calon karyawan cocok dengan kriteria. Tidak hanya untuk mendapatkan karyawan baru, psikotes juga dipakai untuk memantau kesesuaian pada karyawan yang telah bekerja selama beberapa waktu.
 

Tujuan Melakukan Psikotes


Psikotes diselenggarakan agar perusahaan dapat membuat keputusan perekrutan yang tepat. Berdasarkan hasil psikotes, perusahaan mampu mengetahui potensi dan kemampuan calon karyawan untuk bisa tetap bekerja secara efektif dalam kondisi stres.

Psikotes sangat berguna untuk pekerjaan dengan tingkat stres tinggi, misalnya di bidang medis dan hukum. Tes ini dapat membantu menentukan kemampuan karyawan potensial untuk menangani pekerjaan dengan tenang dan efektif meski berada di bawah tekanan.

Pencarian karyawan baru dengan memanfaatkan psikotes akan membantu perusahaan merekrut karyawan yang cocok. Cara ini juga menghindarkan perusahaan dari biaya turn over yang tinggi.

Ada dua cara penyelenggaraan psikotes yang bisa dilakukan oleh perusahaan, yaitu secara offline dan online. Mari bahas perbedaannya.
 

Perbedaan Psikotes Offline dan Online


Psikotes Online Vs Psikotes Offline, Mana yang Lebih Efisien

Perusahaan dapat mengadakan tes psikologi secara offline dan online. Psikotes offline adalah paper-based-test, dimana tes dilakukan dengan cara tatap muka langsung dan mengisi pertanyaan di atas kertas.

Adapun psikotes online merupakan tes jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi dan akses internet. Peserta dapat mengikuti psikotes di mana saja asalkan memiliki koneksi internet yang stabil, baik di rumah, perpustakaan, hingga di kafe.

Banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi psikotes online atas pertimbangan kecepatan dan efisiensi dalam pelaksanaan tes dan pengambilan keputusan. Apa saja manfaat bagi perusahaan saat memutuskan mengadakan tes psikologi secara online?
 

Kelebihan Psikotes Online


Melaksanakan psikotes secara online memberikan banyak keuntungan bagi penyelenggara maupun peserta tes. Berikut beberapa kelebihan yang bisa didapat dari mengadakan tes psikologi online menggunakan aplikasi.
 

1. Lebih Fleksibel


Keuntungan signifikan menggunakan aplikasi psikotes online adalah lebih efisien. Saat menggunakan tes kertas, peserta harus hadir secara fisik. Peserta harus meluangkan waktu untuk menuju ke lokasi tes dan mengeluarkan biaya transport.

Adapun melakukan psikotes secara online memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi. Peserta dapat mengikuti tes di mana saja yang mereka sukai, daripada di kantor penyelenggara.

Kemudahan ini ternyata memiliki kontribusi dengan memberikan hasil optimal karena tingkat akurasi evaluasi psikologis menjadi lebih baik. Hal ini disebabkan karena peserta dapat lebih fokus dan rileks saat mengerjakan tes.

Tes psikologi online adalah solusi untuk peserta tes yang berada di luar kota. Tanpa perlu menghabiskan biaya untuk mobilitas ke perusahaan, peserta sudah dapat mengikuti psikotes di kota asalnya.
 

2. Lebih Hemat


Pelaksanaan psikotes dengan cara online dapat mengurangi biaya perekrutan yang dilakukan oleh perusahaan. Tidak ada lagi ongkos cetak, biaya pengadaan ruangan untuk pelaksanaan psikotes, dan biaya sewa tenaga ahli seperti saat psikotes offline.
 

3. Hasil Lebih Cepat


Pada psikotes offline, saat peserta menyelesaikan paper-based test, hasil tesnya akan dinilai secara manual. Hal ini tidak hanya memakan waktu bagi penyelenggara, namun juga berarti peserta harus menunggu lebih lama untuk mengetahui hasilnya.

Jika menggunakan aplikasi psikotes online, baik perusahaan maupun peserta tes tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hasilnya. Dengan tes psikologi online, hasil biasanya segera tersedia melalui portal yang dapat diakses.

Aplikasi ini memberi kemudahan bagi perusahaan untuk mendapatkan hasil tes sesuai dengan kebutuhan. Peserta tes juga dapat mengunduh hasilnya untuk digunakan sebagai arsip pribadi.
 

4. Mengurangi Kesalahan


Pada psikotes offline, kesalahan saat memeriksa hasil tes bisa saja terjadi, apalagi jika pesertanya membludak. Penyebabnya adalah konsentrasi petugas pemeriksa yang menurun akibat kelelahan saat menjaga pelaksanaan dan memeriksa hasil tes.

Psikotes secara online dapat meminimalisir kesalahan ini. Sistem akan melakukan pengawasan dan membuat instruksi yang bisa dipelajari secara mandiri oleh peserta. Hasil tes yang keluar juga sudah disusun oleh sistem secara akurat dan valid.
 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Psikotes Online dari NSD


Meski dilakukan secara online, hasil tes psikologi tetap valid saat digunakan sebagai alat pengukur kinerja dan psikologis seseorang. Aplikasi psikotes online yang ditawarkan oleh NSD, misalnya, telah melalui pengujian dan sesuai standar pelaksanaan psikotes.

Berikut adalah fitur dan kelebihan yang ditawarkan oleh NSD:

  1. Tersedia hidden camera yang memantau aktivitas peserta selama mengikuti tes psikologi.
  2. Instrumen yang tersedia valid dan reliabel untuk mengukur psikologis peserta.
  3. Tidak membatasi jumlah peserta tes
  4. Instrumen tes bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan
  5. Menyediakan laporan hasil psikologi dengan cepat dan merupakan real-time report.
  6. Perusahaan bisa membuat laporan hasil/psikogram sesuai dengan format yang diinginkan.

Psikotes online menawarkan keuntungan dalam hal biaya, fleksibilitas, efisiensi, jangkauan, jumlah, dan standarisasi. Tes psikologi online memberikan hasil penilaian yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih murah, apalagi jika peserta tes berjumlah banyak.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster