4 Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Niagawebster.com - Tahukah Anda bahwa vitamin D sangat dibutuhkan oleh tubuh? Sejujurnya tubuh Anda juga membutuhkan banyak vitamin dan mineral, hanya saja untuk jenis vitamin yang satu ini jangan sampai dianggap sepele, ya? Sebab bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, jika kebutuhan kecukupan gizi per harinya tidak terpenuhi.

Ketika tubuh Anda kekurangan vitamin D maka bisa terjadi beberapa masalah kesehatan. Contohnya untuk bayi serta anak-anak di usia pertumbuhan. Bisa menyebabkan pertumbuhannya jadi terhambat, lebih rentan terhadap berbagai jenis infeksi, mengalami rakitis dan kelemahan otot serta masih banyak lagi.

Sementara itu untuk orang dewasa, ketika tubuhnya tidak mendapatkan asupan vitamin D yang cukup tiap hari, maka bisa mengalami nyeri tulang yang terus menerus, mengalami kelelahan yang sangat, juga mengalami osteoporosis yang lebih parah. Semua masalah kesehatan yang muncul berhubungan dengan tulang dan otot, namun tentu bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya yang bisa saja berakibat fatal.

Tubuh manusia memang mampu memproduksi vitamin D sendiri, caranya dengan menggunakan bantuan dari sinar matahari pagi. Akan tetapi untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini, maka Anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dalam kadar yang tinggi. Apalagi untuk anak dalam usia pertumbuhan.

Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi


Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Apa saja makanan yang mengandung vitamin D tinggi? Berkikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda konsumsi setiap hari:

1. Jamur


Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi pilihan makanan dengan vitamin yang banyak, maka jamur adalah pilihan untuk Anda. 

Apalagi bagi Anda yang vegetarian, jamur jadi pilihan yang tepat karena tak bisa mengonsumsi vitamin ini dari makanan hewani. 

Bukan hanya manusia, sebab jamur juga memproduksi vitamin D mereka sendiri dari paparan sinar UV lho. Di dalam 100 gram jamur Portabello, ada vitamin D sebanyak 400 IU!

2. Kuning telur


Apakah ada yang tidak doyan kuning telur? Ternyata makanan yang satu ini mengandung banyak vitamin D, lho. Bahkan di dalam sebutir kuning telur, paling tidak ada 40 IU vitamin D namun konsumsi harus dibatasi dalam satu hari. 

Sebab di dalam satu butir telur itu ada 200 miligram kolesterol kurang lebih. Kuning telur itu enak, hanya saja tak baik untuk kesehatan jantung Anda jika mengonsumsi lebih dari 300 miligram kolesterol dalam satu harinya. 

Jadi batasi konsumsi telur walaupun kandungan vitaminnya sangat bagus, secukupnya saja.

3. Tuna kalengan


Bukan hanya yang masih segar saja, bahkan ikan tuna kalengan juga bisa jadi rekomendasi untuk Anda. Bahkan ada 236 IU vitamin D dalam 100 gram ikan tuna dalam kaleng. 

Hanya saja harus lebih berhati-hati dalam memilih ikn tuna kalengan, jangan sampai memilih yang mengandung merkuri tinggi. Baiknya cari tuna kalengan yang diberi info tambahan ‘light’, bisa juga dengan membatasi sebanyak 200 gram dalam seminggu untuk mengonsumsinya.

4. Salmon


Siapa yang tak tahu ikan salmon? Jenis ikan yang satu ini kaya akan vitamin dan mineral. Bahkan merupakn sumber protein dan juga sangat kaya kandungan Omega-3. 

Di dalam 100 gram ikan salmon matang, diketahui ada 447 IU vitamin D untuk Anda. Bukan hanya salmon, jenis ikan lain dengan kandungan yang sama adalah ikan sarden dan ikan tenggiri.

Itulah dia beberapa makanan yang diketahui mengandung banyak sekali vitamin D, sehingga bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Penuhi kebutuhan gizi harian Anda, supaya terhindar dari berbagai risiko kesehatan yang mengintai.

Namun jika Anda membutuhkan lebih banyak asupan vitamin D, apalagi jika dokter sudah merekomendasikannya, maka Anda bisa mengonsumsi suplemen kesehatan. 

Pastikan Anda hanya menggunakan suplemen kesehatan dari perusahaan farmasi yang ternama dan legal. Salah satunya bisa Anda temukan di Pyfa Health, situs resmi dari Pyridam Farma yang menyediakan berbagai macam produk kesehatan. 

Bukan hanya obat-obatan dan suplemen kesehatan saja, namun berbagai kebutuhan produk kesehatan lain juga bisa Anda temukan di sini. Situs Pyfa Health memberikan kemudahan untuk berbelanja produk kesehatan terbaik yang aman, resmi dan juga terjangkau untuk semua kalangan.

Posting Komentar

Copyright © 2021

Niaga Webster